Dekan FISIP USU Harapkan Kajian Islam Meningkat

Written By Unknown on Jumat, 25 Januari 2013 | 11.53

Tribun Medan - Jumat, 25 Januari 2013 11:07 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com-MEDAN

- Musala Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU)akan digabungkan dengan Gedung Pusat Kajian Kebudayaan Masyarakat Islam. Fasilitas baru ini diharapkan dapat memperbanyak kajian tentang dunia Islam.

Rektor USU Prof Syahril Pasaribu memimpin peletakan batu pertama untuk renovasi musala sekaligus pembangunan Pusat Kajian Kebudayaan dan Masyarakat Islam FISIP USU, Jumat (25/1/2013).

Dekan FISIP Prof Badaruddin mengatakan, awalnya Badan Kenaziran bertandang untuk meminta persetujuan renovasi. Menurut Badan Kenaziran, saat ini musala sudah agak rusak karena dimakan waktu. Atap bocor,  dan fondasinya pun mulai turun. Ternyata diskusi tersebut melahirkan ide lain.

"Akhirnya diambil kesepakatan musala akan digabung dengan pusat kajian Islam. Ke depan kita harapkan lahir pemikir-pemikir Islam baik tentang kebudayaan dan masyarakat," kata Badaruddin dalam kata sambutannya di hadapan rektor, dosen, mahasiswa, dan civitas academica lainnya.

Menurut Badaruddin, untuk tahapan awal gedung dua lantai tersebut hanya akan menjadi wadah pertemuan para akademisi yang berminat di bidang kajian Islam seperti ekonomi Islam atau politik Islam. Namun, seiring waktu ia berharap para dosen, terutama yang bergelar dokter, dapat memperbanyak penelitian atau kajian lainnya di bidang yang sedang digandrungi itu. Kerja sama dengan beberapa instansi untuk memperdalam kajian keislaman, seperti Udari SM, Penang, Malaysia, juga bisa disambut setelah selama terlepas karena FISIP USU belum memiliki wadah.

Dekan mengatakan, konsultan yang nantinya akan dibantu dosen Fakultas Teknik senior Prof Nawawy Lubis memperkirakan pembangunan akan selesai dalam satu tahun. Selama itu, pihaknya berharap dapat mengumpulkan infak sebesar Rp 1 miliar lebih.

Ketua Panitia Pembangunan Drs Zulkifli MA menambahkan, pembangunan musala sekaligus gedung pusat kajian dilakukan dengan memperhatikan dinamika pembangunan di FISIP USU yang semakin banyak menampung mahasiswa.

Menurutnya, selain sebagai tempat ibadah, keseluruhan areal bangunan baru tersebut diharapkan dapat menjadi area diskusi bagi mahasiswa.

Atas nama panitia, Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang telah merelakan sebagian gajinya untuk pembangunan musala dan berharap civitas academica lainnya mau memberikan kontribusi. (ton/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dekan FISIP USU Harapkan Kajian Islam Meningkat

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/01/dekan-fisip-usu-harapkan-kajian-islam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dekan FISIP USU Harapkan Kajian Islam Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dekan FISIP USU Harapkan Kajian Islam Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger