Menakar Peluang Para Kandidat Calon Ketua Umum Demokrat

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 11.53

Tribun Medan - Minggu, 17 Maret 2013 11:31 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Dua pekan mendatang, 30-31 Maret 2013, Partai Demokrat akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Bali. Sejumlah nama diprediksi akan meramaikan bursa calon ketua umum pengganti Anas Urbaningrum. Siapa yang paling berpeluang?

Setidaknya, ada beberapa nama dari kalangan internal dan eksternal Demokrat yang dianggap berpeluang. Mereka, di antaranya, Marzuki Alie, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, Ani Yudhoyono dan Hadi Utomo. Dari eksternal, nama-nama yang muncul, seperti Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, dan Djoko Suyanto.

Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute Hanta Yudha menilai, Ketua Umum Partai Demokrat nantinya harus memiliki tiga kriteria. "Pertama, figur yang mampu mendongkrak elektabilitas partai. Dia punya jejak baik, integritas, dan bisa mendongkrak kepercayaan publik di luar," ujar Hanta, Minggu (17/3/2013).

Syarat kedua, sosok itu harus memiliki jaringan internal yang kuat sehingga bisa menjadi jangkar konsolidasi partai. "Yang terakhir, calon Ketua Umum Demokrat harus punya kompatibilitas dengan SBY sebagai figur sentral," katanya.

Menurut Hanta, dari internal, Marzuki Alie dianggapnya sebagai kandidat kuat. Akan tetapi, Hanta menambahkan, Marzuki tidak mungkin dicalonkan oleh SBY karena tidak memiliki kecocokan atau kedekatan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu. Sementara, sosok Gita Wirjawan dan Pramono Edhie, kata Hanta, terbilang memiliki integritas yang baik dan dekat dengan SBY. Tetapi, Hanta meyakini, pencalonan keduanya akan mendapatkan perlawanan keras dari internal partai yang tak menghendaki kandidat eksternal maju dalam KLB.

"Tapi kalau SBY menerapkan politik dinasti dengan mencalonkan Ibas atau Bu Ani atau Pramono Edhie (adik ipar SBY) jelas ini akan jadi kelemahan partai Demokrat yang terkesan tidak demokratis," kata Hanta.


Anda sedang membaca artikel tentang

Menakar Peluang Para Kandidat Calon Ketua Umum Demokrat

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/03/menakar-peluang-para-kandidat-calon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menakar Peluang Para Kandidat Calon Ketua Umum Demokrat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menakar Peluang Para Kandidat Calon Ketua Umum Demokrat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger