Paus Fransiskus I Harapan Baru Negara Berkembang

Written By Unknown on Kamis, 14 Maret 2013 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA -  Terpilihnya paus baru, Kardinal Jorge Mario Bergoglio, Uskup Agung Buenos Aires, Argentina tampaknya akan membawa angin segar bagi beberapa negara berkembang.

Menurut Rohaniwan Katolik, Romo Benny Susetyo, terpilihnya bapa suci baru dari Amerika Latin ini dapat memberikan harapan baru bagi negara berkembang seperti Amerika Latin dan Afrika.

"Bapa Suci ini merupakan figur dari Amerika Latin. Karya pastoral gereja yang di bawah kepemimpinannya akan lebih mengedepanjab karya keadilan dan perdamaian," ucap Romo Benny yang juga Sekjen Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (14/3/2013).

Lebih lanjut Romo Benny juga menuturkan bahwa Kardinal Jorge Mario Bergoglio merupakan sosok yang sederhana, lugas dan berpihak pada kaum buruh serta orang miskin

"Ya intinya kita umat Katolik di dunia menemukan sosok yang tepat," terang Romo Benny.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Kardinal Jorge Mario Bergoglio, Uskup Agung Buenos Aires, Argentina terpilih menjadi Paus Ke-266. Monsignor Bergoglio merupakan keturunan Italia. Ayahnya, adalah pekerja kereta api asal Italia.

Bergoglio merupakan paus pertama asal Amerika. Paus baru ini, Kamis (14/3/2013) pukul 02.15 WIB menampakkan diri dari balkon Gereja Santo Petrus, Vatikan.

Ia dinilai sebagai seorang konservatif. Ia dilaporkan berada di urutan kedua dalam pemungutan suara konklaf pada 2005, yang akhirnya terpilihlah Benediktus XVI. Pria 76 tahun dianggap sederhana dan rendah hati.

Terpilihnya Paus baru melalui konklaf di Kapel Sistine ternyata menarik minat banyak orang dari berbagai latar belakang.

Ribuan orang tersebut bersukacita menyambut asap putih tanda terpilihnya Paus baru. Keriuhan mereka berbaur dengan dentang lonceng dari Basilika Santo Petrus

Nama Paus baru yang terpilih akan diumumkan di hadapan para umat di lapangan Santo Petrus. Pengumuman ini akan dibuka dengan kalimat 'Habemus papam' atau 'Kita telah memiliki Paus baru' yang akan diikuti oleh nama Paus baru.


Anda sedang membaca artikel tentang

Paus Fransiskus I Harapan Baru Negara Berkembang

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/03/paus-fransiskus-i-harapan-baru-negara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Paus Fransiskus I Harapan Baru Negara Berkembang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Paus Fransiskus I Harapan Baru Negara Berkembang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger