Jangan Sepelekan Batuk! Lebih Dari Dua Minggu Segera ke Dokter

Written By Unknown on Senin, 01 April 2013 | 11.53

Tribun Medan - Senin, 1 April 2013 08:57 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, SOLO - Masyarakat masih menganggap remeh sakit batuk berkepanjangan. Padahal batuk terus menerus selama dua minggu adalah satu diantara beberapa gejala penyakit tuberculosis (TBC).

Kepala BBKPM Solo, dr Sigit Priohutomo MPH mengatakan, selama ini masih banyak yang acuh tentang batuk ini. Meski batuk dalam waktu lama, masyarakat masih ogah-ogahan periksa ke dokter.

"Padahal batuk selama dua minggu berturut-turut, wajib periksa ke dokter untuk memastikan apakah TBC atau penyakit lain," kata Sigit saat melakukan sosialisasi TBC di CFD.

Akibat sikap acuh ini, para penderita TBC sering kali terlambat masuk ke rumah sakit. Imbasnya bisa fatal, karena penanganan yang terlambat bisa mengakibatkan kematian. Padahal bila ditangani secara cepat dan tepat, TBC bisa sembuh.

"Obat TBC ini gratis disediakan pemerintah. Masyakat harus segera periksa bila batuk berkepanjangan," kata Sigit.

Kendala lain pencegahan TBC adalah minimnya pengatahuan masyarakat tentang penularan penyakit. Masyarakat sering meludah sembarang atau batuk tak menutupi mulut. Beberapa penderita TBC juga emoh memakai masker.

"Penularan TBC paling banyak melalui udara, yakni batuk dan bersin. Cara penularan lain adalah merokok dan lingkungan tak sehat," ujar Sigit.

Menurut Sigit, BBKPM Solo setiap bulan menerima kunjungan sekitar 5 ribu pasien setiap bulan. Mereka adalah penderita TBC atau sekedar memeriksakan diri. Bila dirata-rata, dalam setahun kunjungan pasien bisa mencapai 52 ribu orang.

"UGD kita buka 24 jam. Fasilitas pengobatan kita juga cukup lengkap, jadi bila ada keluhan batuk masyarakat silakan datang," kata Sigit. (*)
Baca Juga


Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Sepelekan Batuk! Lebih Dari Dua Minggu Segera ke Dokter

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/04/jangan-sepelekan-batuk-lebih-dari-dua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Sepelekan Batuk! Lebih Dari Dua Minggu Segera ke Dokter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Sepelekan Batuk! Lebih Dari Dua Minggu Segera ke Dokter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger