Pengamat: Kalau bukan Jokowi Angkatan SBY akan Berkuasa

Written By Unknown on Kamis, 25 Juli 2013 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.COM, JAKARTA -Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi School of Goverment (SSSG) Fadjroel Rachman menilai Gubernur Jakarta Joko Widodo atau Jokowi harus maju dalam pencalonan Presiden 2014 sebagai penanda penting regenerasi kepemimpinan.

"Jokowi penting sebagai penanda regenerasi 2014. Kalau bukan Jokowi, angkatan SBY akan bekuasa. Regenerasi di republik ini penting karena bisa dipimpin pemimpin baru dengan sikap baru," ujar Fadjroel usai rilis hasil survei di Wisma Kodel, Jakarta, Rabu (24/7/2013) malam.

Divisi Riset dan Penerbitan SSSG dalam hasil surveinya di 10 kota besar Indonesia, menobatkan Jokowi sebagai tokoh terpopuler 2013. Popularitas Jokowi menurut responden di angka 25.48 persen, mengalahkan 14 tokoh lainnya, termasuk Prabowo dan Megawati.

Kans besar Jokowi menjadi Presiden 2014 ditopang prestasinya kala memimpin Surakarta. Memang, prestasi Jokowi di Jakarta belum banyak, tapi beberapa terobosannya seperti Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar adalah bukti.

Pembawaannya yang low profile dan mau turun ke bawah, lanjut Fadroel, membuat masyarakat memposisikan Jokowi sebagai model pemimpin yang dinantikan. Umumnya, karakter politisi lama sangat birokratis. Namun Jokowi tetap harus berprestasi.

Masih kata Fadjroel, Jokowi sebagai kader PDI P menjadi satu faktor yang meninggikan partainya. Banyak tokoh nasional sekaligus pemimpin partai, tapi hanya bisa meninggikan dirinya, tidak partainya, seperti Aburizal Bakrie di Golkar dan Prabowo di Gerindra.

Kalaupun Jokowi ikut pencapresan dan kemudian menang, Fadroel memprediksi rakyat Jakarta tidak akan marah. Mereka senang karena gubernurnya hadir dan dipercaya memimpin nasional. Apalagi, publik secara luas juga memberikannya kans untuk maju.

"Bagusnya orang punya standar mau pemimpin yang menyapa rakyat. Ada suasana baru. Disebut demokrasi partisipatif. Demokrasi membutuhkan keterlibatan rakyat di dalamnya dan pemimpin terlibat," katanya lagi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengamat: Kalau bukan Jokowi Angkatan SBY akan Berkuasa

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/07/pengamat-kalau-bukan-jokowi-angkatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengamat: Kalau bukan Jokowi Angkatan SBY akan Berkuasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengamat: Kalau bukan Jokowi Angkatan SBY akan Berkuasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger