Pelajar Ichikawa Jepang Terharu Ikuti Upacara di Lapangan Benteng

Written By Unknown on Sabtu, 17 Agustus 2013 | 11.54

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan berlangsung dengan penuh hikmat meskipun hujan gerimis terus turun selama upacara berlangsung. Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin MSi bertindak langsung sebagai inspektur upacara, sedangkan Camat Medan Barat Sutan Torang Lubis SSTP MSP menjadi komandan upacara.

Selain Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin, Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MM dan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Medan Iwan Zulhami SH, upacara pengibaran bendera turut juga dihadiri asisten, staf ahli, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, kepala bagian, camat, lurah, pegawai, pelajar, pramuka dan kepala lingkungan. Di samping itu 7 pelajar dari Kota Ichikawa, Jepang ikut menghadiri upacara pengibaran bendera tersebut.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin. Kemudian diteruskan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih yang dilakukan 27 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Medan berasal dari 21 SMA di Kota Medan dipimpin Maruli Salaungan Harahap, siswa SMA Negeri 3 Medan selaku komandan Paskibraka.

Usai pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, Kepala Kemenag Kota Medan Iwan Zulhami membacakan doa.

Upacara ditutup dengan laporan komandan upacara kepada pembina upacara bahwasannya upacara pengibaran bendera telah selesai. Setelah itu Eldin meninggalkan upacara dan selanjutnya menyalami Ketua DPRD Medan, Sekda serta seluruh pejabat Pemko Medan.

Kepada wartawan, Eldin berharap kepada seluruh pejabat dan staf di jajaran Pemko Medan agar menjadikan HUT Kemerdekaan yang jatuh pada hari fitri ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kinerjanya agar lebih baik lagi ke depan, terutama dalam memberikan pelayanan sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakannya.

"Sedangkan kepada seluruh masyarakat dan stake holder yang ada, saya mengajak untuk terus meningkatkan rasa solidaritas dan kebersamaan kita sebagaimana yang telah dijuangkan oleh para pendahulu dan pejuang kita.

Dimana mereka pada masa itu saling bahu membahu untuk memperjuangkan tanah air yang kita cintai ini demi kemerdekaan negara Republik Indonesia agar tidak terjajah oleh negara lain," kata Eldin.

Untuk itulah Eldin berharap agar rasa solidaritas dan kebersamaan yang dimiliki para pejuang tersebut, dapat kiranya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hati. "Semangat para pejuang itu dapat kita contoh dan terapkan dalam rangka membangun Kota Medan yang kita cintai ini agar lebih maju lagi p[ada masa akan datang," harapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin mengatakan, seluruh generasi muda diharapkannya tidak pernah melupakan sejarah masa lalu. Sebab, melalui sejarah dapat diketahui bagaimana generasi muda pada masa lalu berjuang dengan gigih dan penuh keberanian mengusir penjajah sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan dihargai oleh bangsa lain.

"Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh pemuda maupun kaum remaja agar menjadikan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk terus meningkatkan kebersamaan. Sebab, melalui kebersamaanlah kita dapat membangun bangsa dan negara ini, khususnya Kota Medan yang kita cintai ini," ungkap Amiruddin.

Sedangkan Hiroki Yosihara, mewakili pelajar Kota Ichikawa, Jepang menyampaikan ucapan selamatnya karena seluruh bangsa Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaannya. Dia mengaku sangat takjub dan terharu menyaksikan acara pengibaran bendera ini. Termasuk, ketika menyaksikan para Paskibraka ketika mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih. "Gerakan mereka sangat luar biasa dan professional," puji Hiroki.

Pelajar salah satu SMA di Kota Ichikawa ini selanjutnya berharap, hubungan antara Kota Ichikawa dengan Kota Medan ke depan dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kedua kota. Sdelama ini dia melihat hubungan kedua sudah cukup bagus, terutama dalam soal pertukaran pelajar. (afr/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pelajar Ichikawa Jepang Terharu Ikuti Upacara di Lapangan Benteng

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/08/pelajar-ichikawa-jepang-terharu-ikuti.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pelajar Ichikawa Jepang Terharu Ikuti Upacara di Lapangan Benteng

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pelajar Ichikawa Jepang Terharu Ikuti Upacara di Lapangan Benteng

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger