Universitas Sari Mutiara Sediakan Tenaga Kerja Penuhi Kebutuhan Pasar

Written By Unknown on Senin, 19 Agustus 2013 | 11.54

Laporan wartawan Tribun Medan/ Wiwi Deriana

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Besarnya kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli dibidang perpustakaan namun sumber daya yang tersedia masih kurang membuat Universitas Sari Mutiara Indonesia membuka program studi Ilmu Perpustakaan dengan jenjang sarjana (S1). Ketua Prodi Program studi Ilmu perpustakaan, Ishak menuturkan pihak kampus sebelumnya sudah mengadakan survei dan melihat kebutuhan pasar.

"Kita lihat kebutuhan pasar saat ini apalagi dengan adanya Undang-undang nomor 43 tahun 2007 yang menyatakan dengan tegas bahwa setiap perusahaan dan lembaga harus memiliki pustakawan. Bahkan dalam penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sekalipun banyak tenaga pustakawan dibutuhkan. Kita lihat saja ada 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara yang memiliki perpustakaan dan arsip sehingga membutuhkan tenaga pustakawan," katanya saat berbincang di kampus Universitas Sari Mutiara beberapa waktu lalu.

Lalu apakah sebenarnya kelebihan dari jurusan ini? Ia mengatakan jurusan Ilmu Perpustakaan ini merupakan jurusan satu-satunya yang terdapat di Universitas Swasta yang ada di Sumatera Utara. Seorang pustakawan bukan hanya bertugas sebagai orang yang menyimpan dan menata buku. Banyak orang menganggap remeh dan menjadikan jurusan ini sebagai pilihan alternatif hanya karena ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Padahal Ishak menuturkan perpustakaan bukan berbicara tentang buku melainkan lebih mengutamakan konten media informasi yang terdapat saat ini.

"Misalnya jaman dahulu orang Toba menulis di laklak. Namun tentunya setiap orang tidak bisa lagi membaca disitu karena sudah hancur dan ada juga yang sengaja disimpan untuk aset. Namun disinilah letak fungsi pustakawan. Mereka bisa memberitahukan kita apa isi dan informasi yang terdapat di dalamnya. Dengan keahlian seorang pustakawan, data yang sudah puluhan tahun lamanya pun bisa dikumpulkan dan bisa diketahui orang. Mungkin sekarang belum penting namun sepuluh tahun lagi mungkin akan penting," katanya.(der/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Universitas Sari Mutiara Sediakan Tenaga Kerja Penuhi Kebutuhan Pasar

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/08/universitas-sari-mutiara-sediakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Universitas Sari Mutiara Sediakan Tenaga Kerja Penuhi Kebutuhan Pasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Universitas Sari Mutiara Sediakan Tenaga Kerja Penuhi Kebutuhan Pasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger