JK: Sodetan Ciliwung-Cisadane Pindahkan Banjir ke Tangerang

Written By Unknown on Sabtu, 25 Januari 2014 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Pembangunan sodetan Ciliwung-Cisadane terus mendapat reaksi Pemkot dan Pemkab Tangerang. Bahkan, Wakil Gubernur Banten Rano Karno turut angkat bicara. Ditengarai pembuatan waduk ini akan memindahkan banjir di Jakarta ke kawasan Tangerang.

Terkait hal ini, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga ketua umum Palang Merah Indonesia mengatakan, seharusnya sebelum membicarakan sodetan harus ada pembicaraan terkait pengerukan sungai dulu.

"Bukannya menolak, seharusnya diawal ada langkah normalisasi di kedua sungai besar tersebut. Supaya daya tampung airnya tinggi," kata JK, saat ditemui seusai peresmian Masjid Al Kautsar di Pamulang, Tangsel, Jumat (24/1/2014).

Jusuf Kalla membenarkan kebijakan tersebut justru akan memindahkan banjir dari Jakarta ke Tangerang.

"Yang ada malah memindahkan banjir, padahal kan bukan mengurangi titik banjir di Jakarta dan daerah sekitarnya," tutur Kalla.

Selain itu, Jusuf Kalla menilai pelebaran sungai juga harus dilakukan dengan cara memindahkan pemukiman warga yang tinggal di bibir sungai. "Minimal 100 meter lah dari bibir sungai. Kalau tidak mau direlokasi, tak akan ada langkah pelebaran sungai," ujar Kalla.

Pendapat ini berbeda dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Jokowi menyakini pembuatan waduk tersebut merupakan jalan keluar mengurangi banjir di Jakarta. Dengan adanya sodetan, maka debit air di Ciliwung - Katulampa akan berkurang dari 780 meter kubik per detik menjadi 490 meter kubik per detik. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

JK: Sodetan Ciliwung-Cisadane Pindahkan Banjir ke Tangerang

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/01/jk-sodetan-ciliwung-cisadane-pindahkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

JK: Sodetan Ciliwung-Cisadane Pindahkan Banjir ke Tangerang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

JK: Sodetan Ciliwung-Cisadane Pindahkan Banjir ke Tangerang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger