Mahasiswa Malaysia Bagikan Bingkisan pada Tuna Wisma Medan

Written By Unknown on Sabtu, 26 April 2014 | 11.54

Laporan Wartawan Tribun Medan / Fahrizal Fahmi Daulay
 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan mahasiswa terlihat sibuk mengemasi beberapa bingkisan makanan dan minuman di malam hari. Mereka terlihat sedang asik berdiskusi satu sama lain terkait aksi mereka untuk membagi-bagikan paket bingkisan itu kepada para tuna wisma atau fakir miskin yang tidak memiliki rumah, Jumat (26/4/2014) malam.

Menariknya mereka bukan mahasiswa dari asal Medan, namun mahasiswa negeri jiran Malaysia yang tengah menyelesaikan studinya di Medan. Mereka tersebar di Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Menurut seorang diantara mereka jumlah mahasiswa Malaysia di yang menyelesaikan studi di Medan berjumlah sekitar 1.400 orang. Pembagian bingkisan, termasuk pakaian itu mereka gerakkan untuk membantu mereka yang membutuhkan sekaligus mempererat hubungan kedua negara yang bertetangga ini.

Kelab (klub) UMNO Medan, perkumpulan mahasiswa Malaysia di Medan menggelar kegiatan bakti sosial membagikan 200 paket makanan bagi tuna wisma yang ada di jalan yang dilalui hingga pusat kegiatan di seputaran Jalan Gatot Subroto yang diorganisir oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Kegiatan itu juga dihadiri Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia untuk Kota Medan  Ahmad Rozian Abdul Ghani.

"Pemberian bantuan khusus kepada yang tiada rumah atau homeless. Kenapa ke Medan? Medan merupakan kota yang paling dekat dengan Malaysia, akomodasi ke sini tidak besar," kata Pengarah Program, Faizah, mahasiswi UTM tahun akhir Fakultas Physics (Fisika) saat ditemui di markas Kelab UMNO Jalan Abdullah Lubis No 18 Medan.

"Kalau siang hari, para homeless ini kan punya aktivitas dan baru kembali malam hari. Itu kenapa kegiatannya kami lakukan malam hari," kata Faizah lagi.

Khusus untuk Kota Medan, UTM dan Kelab UMNO menghabiskan dana sekitar 5 ribu ringgit untuk dibagikan kepada tuna wisma di Medan. Bantuan diberikan dalam bentuk paket makanan seperti mie instan, biskuit, roti dan jus kemasan.

Faizah mengatakan, dana yang terkumpul merupakan sumbangan dari mahasiswa dan masyarakat di Malaysia yang merupakan bentuk kegiatan "1 RM 1 Nation" di mana masyarakat diharapkan berpartisipasi menyumbangkan uang paling sedikit 1RM yang hasilnya digunakan untuk kegiatan sosial.

"Paket sumbangan ini kami beli dari Carrefour di Plaza Medan Fair," kata Penanggung Jawab kegiatan, Amirah Nazmi, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) itu.

Ia mengatakan, Kelab UMNO Medan juga melakukan kegiatan sosial seperti pada bulan Ramadan dengan membagikan makanan kepada tuna wisma di Medan untuk santapan sahur dan berbuka puasa.

Pengerusi (Presiden) Kelab UMNO Medan, Muhammad Nazim bin Abd Malek mengatakan, berbagai kegiatan untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia digelar seperti dalam bidang olahraga.

"Jadi, mahasiswa Malaysia di sini (Medan), jadi wakil dari pemerintah untuk eratkan hubungan dengan Indonesia. Kami juga ikut mengurusi jika pemimpin dari Malaysia datang ke Indonesia," katanya.

Ahmad Rozian Abdul Ghani mengatakan, setelah digelar di Malaysia, kegiatan sosial yang diprakarsai UTM ini merupakan yang pertama kali digelar di Medan lantaran Indonesia dan Malaysia khususnya Medan merupakan satu rumpun dengan Malaysia.

"Insya Allah ke hadapan, kami akan lanjutkan lagi kegiatan ini. Kami targetkan memang kegiatan ini untuk expand ke luar negara juga. Dan karena Medan satu keluarga, ya harus saling bantu membantu. Intinya kegiatan ini untuk membangun semangat keprihatinan negara Malaysia," ujarnya.

 (riz/Tribun-Medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasiswa Malaysia Bagikan Bingkisan pada Tuna Wisma Medan

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/04/mahasiswa-malaysia-bagikan-bingkisan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasiswa Malaysia Bagikan Bingkisan pada Tuna Wisma Medan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasiswa Malaysia Bagikan Bingkisan pada Tuna Wisma Medan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger