Konsultan Turki Kaji Panas Bumi di Simalungun

Written By Unknown on Jumat, 13 Juni 2014 | 11.54

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Konsultan asal Turki dari Hitay Energy Holdings, yang beralamat di Plaza Tower Jakarta, mengunjungi Kabupaten Simalungun untuk mengkaji potensi energi panas bumi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Simalungun Mixnon A Simarmata, Jumat (13/6/2014), saat dihubungi.

Mereka yang datang, kata Mixnon, terdiri dari Presiden Direktur Hitay Group, Emin Hitay, yang juga merupakan Konsultan Kehormatan Republik Indonesia untuk Wilayah Antalya, Turki, Wakil Direktur Burhan Kartal, dan tiga anggota staf manager Hitay Group yakni Caner Yilmaz, Hakan Hitay, dan Zulhendri Abdullah, dua staf Ahli Geotherma Hitay Group Tahir Angur dan Umran Serpen, serta putra Emin Hitay, Karim Hitay.

Mixnon mengatakan, Simalungun memiliki panas bumi yang sangat berpotensi dikembangkan menjadi energi.

"Daerah kita cukup potensial untuk dikembangkan. Makanya kita sangat senang para konsultan dari Turki itu datang," ujarnya.

Sementara pada pertemuan hari Rabu, Emin Hitay, melalui juru bicaranya Zulhendri Abdullah, mengatakan bahwa pengkajian yang akan mereka lakukan merupakan tindaklanjut dari pertemuan dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Sumatera Utara yang diadakan pada Januri 2014 lalu, yang membahas kemungkinan pengembangan potensi panas bumi untuk energi listrik di Provinsi Sumatera Utara, serta kajian sangat-awal terhadap wilayah lintas Kabupaten Dairi, Karo dan Simalungun yang dinilai memiliki kelayakan untuk dikaji perihal potensi riil dari panas bumi.

Emin mengatakan, Direktur Hitay Group juga merupakan Dewan Kerjasama Ekonomi Indonesia Turki yang sering melakukan seminar promosi investasi Indonesia di Turki.

"Pada tahun 2010 yang lalu saat kunjungan Presiden SBY di Turki muncul wacana untuk mengembangkan potensi panas bumi di Indonesia. Hal ini dikarenakan defisit listrik di Indonesia yang semakin tinggi, sehingga dibutuhkan suplai energi baru, selain minyak dan gas bumi. Sejak pertemuan itu, kami semakin bersemangat untuk mengajukan permohonan kepada Kementrian ESDM RI untuk melakukan survei pandahuluan yang jangka waktunya satu tahun, di antaranya survei geologi, kajian geofisika, dan geokimia untuk mengukur sejauh mana adanya potensi panas bumi di lokasi yang disurvei. Pada tahun 2013 kami mendapatkan penugasan dari kementrian ESDM melakukan survei di 6 lokasi, 2 lokasi di Sumatera Barat, 2 lokasi Sumatera Selatan, 1 lokasi di Bengkulu dan 1 lokasi di Jawa Timur dan sehabis tahun ini kami juga menunggu empat lokasi lainnya yaitu di Jatim dan Aceh," kata Emin.

(cr1/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Konsultan Turki Kaji Panas Bumi di Simalungun

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/06/konsultan-turki-kaji-panas-bumi-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konsultan Turki Kaji Panas Bumi di Simalungun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konsultan Turki Kaji Panas Bumi di Simalungun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger