Ratusan Nelayan di Boltim Bakal Dapat Bantuan Alat Tangkap

Written By Unknown on Jumat, 10 Oktober 2014 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, TUTUYAN - Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan mempriotaskan penyaluran bantuan perikanan tangkap kepada ratusan nelayan di Boltim.

Nelayan Matabulu, Sumarto berharap pemerintah daerah (pemda) dapat memberikan bantuan fasilitas perikanan tangkap kepada nelayan demi menunjang mata pencaharian mereka. Katanya, saat ini banyak para nelayan yang hanya mengandalkan peralatan tangkap sederhana. "Hasilnya ada tapi tidak begitu banyak. Kami harapkan pemerintah memberikan bantuan kepada nelayan di sini," katanya, pada Kamis (9/10/2014).

Senada dengan Nelayan Paret, Jefri berharap Pemda dapat memberikan bantuan alat tangkap kepada nelayan. Pasalnya puluhan nelayan di sekitar tempat tinggalnya sudah lama tak mendapatkan bantuan Pemda.

"Jangan hanya kelompok tertentu yang selalu dapat bantuan, kami yang benar-benar nelayan tak pernah dapat. Di sini pernah ada yang bukan nelayan tapi dapat bantuan," ucapnya.

Kepala DKP Boltim, Muhammad Iksan Pangalima mengatakan mengusulkan anggaran senilai Rp 10 miliar dalam Anggaran Perubahan Belanja Daerah (APBD) 2015 untuk pengadaan 200 unit perahu dan mesin katinting, pengadaan 30 unit mesin tempel, penyediaan alat pemasaran produksi perikanan seperti 30 unit freezer, 150 unit coolbox dan 170 keranjang ikan.

"Selain itu ada juga alat pengolahan perikanan berupa ice crusher 10 unit, open pengasapan, alat pengolahan abon ikan dan bakso, masing-masing 10 unit. Fasilitas-fasilitas itu akan diberikan kepada kelompok-kelompok nelayan di kecamatan Nuangan, Tutuyan dan Kotabunan," ungkapnya

Katanya, kelompok nelayan yang mendapat bantuan tersebut adalah mereka yang terdiri dari masyarakat miskin dan belum pernah mendapat bantuan serupa.

"Kelompok nelayan yang sudah mengajukan proposal tahun ini tapi belum mendapat bantuan, akan diproritaskan tahun depan. Kita upayakan semua bisa terakomodir," janjinya.

Iksan mengatakan pihaknya memberikan bantuan berdasarkan permohonan setiap kelompok nelayan yang masuk dan diverifikasi di lapangan. "Hingga saat ini dari 3 ribuan kelompok nelayan ada 200 kelompok yang mengajukan permohonan bantuan alat tangkap," ungkapnya

Iksan menambahkan pemberian bantuan tersebut sebagai upaya untuk pencapaian akhir Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Boltim. "Harapan bantuan yang diberikan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para nelayan," katanya.

Dia mengungkapkan akhir tahun ini pihaknya akan membagikan 15 unit perahu berkapasitas 3 GT senilai Rp 1,7 miliar. Selain itu, cool box, freesher, open pengasapan dan mesin penghancur es. (ald)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Nelayan di Boltim Bakal Dapat Bantuan Alat Tangkap

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/10/ratusan-nelayan-di-boltim-bakal-dapat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Nelayan di Boltim Bakal Dapat Bantuan Alat Tangkap

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Nelayan di Boltim Bakal Dapat Bantuan Alat Tangkap

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger