Perkenalkan, Topi Ini Bisa Buat Anda Kreatif dan Cepat Mikir

Written By Unknown on Kamis, 19 Februari 2015 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com - Beberapa ilmuwan Amerika telah menciptakan topi yang dapat membantu orang belajar dan membuat keputusan lebih cepat.

Perangkat unik ini merupakan gagasan dari profesor psikologi Geoff Woodman dan Ph.D. Mahasiswa Robert Reinhart dari Vanderbilt University di Tennessee. Topi ini bekerja dengan mengirimkan sengatan listrik yang sangat rendah ke otak ketika dipakai. Stimulasi listrik pada bagian-bagian tertentu dari otak bisa membuat pemakainya belajar keterampilan baru dan membuat keputusan yang lebih baik .

Memang penelitian dilakukan pada otak manusia telah mengungkapkan bahwa lonjakan tegangan negatif terjadi pada korteks medial, yakni langsung ke otak. Woodman dan Reinhart menduga bahwa bagian dari otak dapat mempengaruhi pembelajaran dan pengambilan keputusan, membantu kita menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari.

Kedua, memutuskan untuk menguji respon elektrofisiologi otak untuk kesalahan. Mereka juga ingin melihat apakah respon ini dapat ditingkatkan atau menurun berdasarkan arah arus listrik diterapkan. Jadi mereka mulai menciptakan topi dengan menggunakan ikat kepala elastis dan sekelompok elektroda yang diterapkan pada pipi dan mahkota kepala .

Melalui elektroda tersebut, stimulasi arus transkranial langsung diterapkan selama 20 menit. Kemudian, topi EEG melilit kepala untuk menangkap pembacaan otak sementara subjek melakukan kegiatan belajar. Uji coba awal menunjukkan bahwa 75 % dari lebih dari lima lusin orang diuji mengalami peningkatan yang luar biasa dalam belajar dan pengambilan keputusan ketika mengenakan topi berpikir ini.

"Kami menemukan bahwa efek berlangsung sekitar lima jam," kata Woodman. Dia juga menyarankan bahwa topi bisa sangat berguna bagi pilot komersial atau ahli bedah, dan itu bisa juga membantu orang yang mengalami gangguan kejiwaan .

Tim saat ini sedang meneliti efek jangka panjang memakai topi ini, jadi jika Anda berharap untuk mendapatkan satu untuk membantu Anda belajar untuk ujian besar, Anda harus menunggu beberapa saat lagi untuk memiliki topi ini.(muhammad tazli/tribun-medan.com)

Sumber: livescience.com


Anda sedang membaca artikel tentang

Perkenalkan, Topi Ini Bisa Buat Anda Kreatif dan Cepat Mikir

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/02/perkenalkan-topi-ini-bisa-buat-anda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perkenalkan, Topi Ini Bisa Buat Anda Kreatif dan Cepat Mikir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perkenalkan, Topi Ini Bisa Buat Anda Kreatif dan Cepat Mikir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger