Kapal KM Kumala Tenggelam, 9 ABK Dinyatakan Hilang

Written By Unknown on Kamis, 26 Maret 2015 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Suara benturan keras terdengar sesaat sebelum KM Kumala Endah GT 454 tenggelam di perairan Lampu 2 atau Buoy 2 Belawan yang berjarak 45 menit dari pelabuhan, Selasa (24/3) petang.

Dari 14 ABK yang mengawaki kapal kargo yang mengangkut 700 ton material konstruksi dengan tujuan Kendawangan, Kalimantan Barat tersebut, hanya lima orang selamat setelah terapung beberapa jam di laut. Sebagian korban diselamatkan nelayan yang kebetulan melintas.
Hingga Rabu (25/3), tim SAR belum berhasil menemukan sembilan orang, termasuk sang nakhoda kapal, Sutimin.

Seorang korban selamat, Eko Nugroho (29), semula enggan menceritakan peristiwa nahas yang menimpa kapal mereka, karena masih kelelahan dan syok.

Setelah dibujuk, pria asal Boyolali, Jawa Tengah ini, bersedia memberi keterangan, meski di depan kamarnya petugas gabungan dari Polda Sumut dan Polres Belawan terlihat berjaga-jaga.
"Kejadian (tenggelam)-nya tiba-tiba saja mas. Waktu itu, saya sama yang lain berada di bawah," kata Eko saat ditemui di depan kamar 302 Hotel Danau Toba Belawan, Rabu sore.

Mandor mesin KM Kumala Endah ini mengatakan, sebelum kapal tenggelam, sempat terdengar beberapa kali teriakan dari ABK yang lain. "Sebelum tenggelam, terdengar benturan mas. Saya tidak tau itu apa. Tapi orang di atas (anjungan) sudah teriak-teriak," kata pria berkepala pelontos ini.

Mendengar suara teriakan teman-temannya, Eko yang berada di bagian mesin langsung naik ke atas kapal dan berusaha menuju anjungan. "Pas saya naik ke anjungan, air sudah masuk kapal mas. Di situ saya langsung menyelamatkan diri," kata Eko dengan logat Jawanya yang sangat kentara.

Ketika KM Kumala Endah mulai tenggelam, Eko mengaku sempat terapung-apung di tengah laut. Ia tak ingat lagi bagaimana temannya yang lain bisa selamat. "Waktu saya terapung-apung itu, kebetulan ada nelayan mas. Saya langsung ditolong dan dinaikkan ke atas kapal."


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapal KM Kumala Tenggelam, 9 ABK Dinyatakan Hilang

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/03/kapal-km-kumala-tenggelam-9-abk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapal KM Kumala Tenggelam, 9 ABK Dinyatakan Hilang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapal KM Kumala Tenggelam, 9 ABK Dinyatakan Hilang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger