Banyak Kemplang Pajak, Pemko Medan Kehilangan Ratusan Juta

Written By Unknown on Rabu, 15 April 2015 | 11.53

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemko Medan kehilangan ratusan juta rupiah akibat banyaknya kafe yang belum terdaftar sebagai wajib pajak. Hal itu diutarakan oleh Staff Bagian Pendaftaraan dan Pendataan Wajib Pajak Dinas Pendapatan Medan, Taupik Lubis.

"Kita sudah pasti rugi banyak. Selama ini mereka beroperasi belum daftar wajib pajak, di situlah kerugian kita. Dan ini manipulasi pajak. Mereka selama ini kan sudah mengutip pajak dari pelanggan mereka. Tapi gak bayar pajak ke kita," kata Taupik, Rabu (15/4/2015).

Menurut Taupik, banyak kafe yang tidak terdaftar sebagai wajib pajak tetap memasukkan nilai pajak pada harga makanan dan pelayanannya.

"Izin segeralah mereka mengurus dan mendaftarkan usahanya sebagai wajib pajak (NPWPD). Mereka sudah mengutip pajak kepada pembeli. Dengan mereka menerapkan pajak lewat harga makanan," ujarnya.

Namun, Taupik tak dapat menghitung berapa jumlah pasti kerugian yang dialaminya Pemko Medan.

"Kalau kerugiannya kita gak bisa hitung. Pokoknya mulai dari mereka berdiri tapi gak ngurus, mulai dari situlah kita merugi. Nanti baru bisa kita hitung kalau mereka nanti sudah mendaftar, mereka terus menyerahkan berapa omzet mereka per bulan, baru nanti kita ketahui berapa kerugian kita," katanya.

Taupik menambahkan, jangka waktu dimana kafe-kafe tersebut tidak terdaftar sebagai wajib pajak, akan tetap dihitung sebagai tunggakan, dan akan ditagih.

"Sebelumnya pihak UPT kan sudah menyurati mereka berulangkali. Barulah disampaikan ke dinas. Mereka memberikan datanya, barulah kita verifikasi. Dan nanti akan kita tagih itu selama yang mereka belum ngurus," katanya.

(amr/tribun-medan.com)

Penulis: Abul Muamar

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyak Kemplang Pajak, Pemko Medan Kehilangan Ratusan Juta

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/04/banyak-kemplang-pajak-pemko-medan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyak Kemplang Pajak, Pemko Medan Kehilangan Ratusan Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyak Kemplang Pajak, Pemko Medan Kehilangan Ratusan Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger