Teori Konspirasi Akan Kontraproduktif

Written By Unknown on Senin, 04 Februari 2013 | 11.53

Tribun Medan - Senin, 4 Februari 2013 11:52 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Publik yang melek politik dan hukum saat ini sudah tak bisa dianggap menerima saja setiap informasi atau penjelasan yang diberikan politikus Partai Keadilan Sejahtera dalam menjelaskan kasus dugaan suap kuota impor daging. Karena itu, pernyataan bahwa kasus yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq tersebut sebagai konspirasi justru memperburuk citra partai tersebut.

Di media sosial, tempat kita dengan mudah menemukan ribuan komentar dari para pengguna tanpa ditanya, teori konspirasi justru menjadi olok-olok tiada habisnya, yang membuat sentimen negatif terhadap PKS terus meningkat. "Konspirasi Yahudi ya? Bhahaha dasar PKS," begitu pengguna akun Rizkalovable berkomentar.

"Musuh imajiner selalu efektif untuk orang-orang bodoh," kata pemilik akun Tiariaji. Teori konspirasi ini di sebuah situs web bahkan dianggap sebagai lelucon paling tidak lucu tahun ini.

Di sebuah forum, pengguna sampai bertaruh dan menargetkan jumlah komentar minimal 1.500 komentar hanya dalam satu malam. Semua komentar bernada olok-olok terhadap teori konspirasi PKS. "Jangan patah semangat, ayo terus comment. Malam ini harus nyampe 1.500," kata pengguna akun Dodool.

Pakar komunikasi politik Effendi Gazali, Sabtu (2/2), di Jakarta, mengatakan, pemilihan teori konspirasi untuk menjelaskan perkara yang sedang dihadapi PKS benar-benar tidak tepat. "Konspirasi itu kalau semua yang terlibat, misalnya yang menerima uang, itu sama sekali berasal dari luar partai, misalnya orang asing yang disusupkan. Itu baru konspirasi." katanya.

Namun, jika orang-orang itu masih berhubungan dengan lingkaran dalam partai, misalnya bernah bertemu atau telepon, hal itu jelas bukan konspirasi.

Karena teori konspirasi tak terjadi secara nyata, apalagi sampai menyeret konspirasi Amerika Serikat, bahkan Zionis, hal ini justru akan menjadi pukulan bagi PKS. "Justru akan bersifat kontraproduktif bagi PKS," ungkapnya.

Effendi mengatakan, pidato presiden baru PKS Anis Matta juga tak akan mampu menyembuhkan luka yang sudah ada karena ketika dikonfirmasi soal otoritas yang dikritik tidak bisa menunjukkan dengan jelas. Silat lidah yang dilakukan para politikus PKS seharusnya disudahi dan lebih baik PKS fokus menyerahkan perkara dugaan korupsi ini kepada penegak hukum.

Dengan cara seperti itu, kata Effendi, PKS akan lebih cepat diperbaiki daripada hanya memutar-mutar logika yang sudah tak bisa diterima akal sehat. "Jauh lebih penting untuk membangun daya tahan internal partai dalam menghadapi realitas yang ada daripada mengungkapkan terori konspirasi," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi SP secara terpisah mengatakan, isu yang berkembang tentang kasus dugaan suap impor sapi yang melibatkan politikus PKS ini sudah melebar. "Sangat tidak masuk akal jika dinyatakan ada yang melakukan konspirasi besar. Tidak ada indikator konspirasi," ujar Johan. (amr/k11)


Anda sedang membaca artikel tentang

Teori Konspirasi Akan Kontraproduktif

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/02/teori-konspirasi-akan-kontraproduktif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teori Konspirasi Akan Kontraproduktif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teori Konspirasi Akan Kontraproduktif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger