Jangan Beraktifitas di Sekitar Rokatenda

Written By Unknown on Jumat, 22 Maret 2013 | 11.53

Tribun Medan - Jumat, 22 Maret 2013 11:42 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Jumat (22/3/2013), mengatakan, sejak 11 Febuari 2013 lembaganya sudah merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktifitas pada radius 3 kilometer dari titik letusan Rokatenda.

Rekomendasi itu, semestinya bisa diantisipasi pemerintah daerah untuk mengatasi gelombang pengungsian sehingga tidak ada pengungsi yang telantar.

Surono menyebutkan, selama dua hari ini (Kamis (21/3) dan Jumat (22/3), Kompas telah memberitakan tentang pengungsi Gunung Rokatenda, Pulau Palue terlantar, bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Kompas hari ini menyoroti bahwa "Pemerintah Tidak Serius Tangani Korban Letusan Gunung Rokatenda".

"Kami telah menyampaikan evaluasi rinci tentang letusan Gunung Rokatenda kepada semua pihak pada 11 Februari 2013," kata Surono. "Kami merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas pada radius 3 km dari titik letusan, artinya sekitar 70 persen wilahah Pulau Palue tidak aman dari ancaman hujan abu lebat dan lontaran material pijar."

PVMBG hanya bertugas memberikan rekomendasi bahaya gunung api. Proses evakuasi dan penanganan pengungsi, menurut Surono, merupakan tanggungawab pemerintah daerah dan instansi terkait.

Surono mebambahkan, sejak itu pihaknya juga telah meghubungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar Kantor Kecanatan Palue dan Pos Pengamatan Gunung Rokatenda dipasang alat komunikasi, karena komunikasi dengan telepon genggam terkendala. Akibatnya, informasi melalui pesawat radio dan internet dari Pos Pengamatan Gunung Rokatenda terkait dengan hasil pemantauan dan ancaman bahayanya, atau peringatan dini, kerap terhambat sampai ke Pulau Palue.

"Kami senantiasa siap lakukan koordinasi dengan semua pihak terkait dengan letusan Gunung Rokatenda. Semoga kita menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat yang terancam bahaya letusan gunungapi," kata Surono.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jangan Beraktifitas di Sekitar Rokatenda

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/03/jangan-beraktifitas-di-sekitar-rokatenda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jangan Beraktifitas di Sekitar Rokatenda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jangan Beraktifitas di Sekitar Rokatenda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger