Persiapkan Mahasiswa Melalui Magang

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 11.53

Laporan wartawan Tribun Medan/Wiwi Deriana

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Untuk semakin mematangkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nanti, pihak kampus PoliMedia mulai memperkenalkan dunia usaha kepada mereka sejak mereka duduk di semester dua. Pada semester dua, mahasiswa kita memberikan pemahaman mengenai dunia industri yang kita beri nama OI (Orientasi Industri) yang diadakan selama seminggu. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibawa langsung ke dunia industri.  Di semester empat, mahasiswa akan mengadakan magang ke perusahaan yang telah mengadakan MOU dengan kampus selama sebulan. Dan pada semester enam mahasiswa akan mengikuti praktek selama dua bulan ke perusahaan yang sesuai dengan program studinya.

PoliMedia memberikan tiga pilihan program studi kepada calon mahasiswa yaitu teknik grafika, desain grafis, dan multimedia.  Program studi Teknik grafika disiapkan untuk mampu dan terampil menguasai teknologi grafika yang mencakup teknologi pra cetak dan pasca cetak dalam era digital, mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang usaha dan industri grafika.

Untuk Desain grafis, mahasiswa dididik untuk mampu menciptkan dan mengangkat kekayaan kreasi lokal melalui desain grafis untuk aplikasi industri, penerbitan,percetakan, periklanan, film, video, gambar, televisi, fashion untuk mengangkat jati diri dan citra seni Budaya Indonesia. Tak hanya itu mereka juga harus mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang usaha dan industri desain grafis.

Pada program studi multimedia, mahasiswa didik untuk mempersiapkan tenaga ahli madya sekaligus wirausaha mandiri, khususnya bidang perencanaan dan integrasi media melalui berbagi macam bentuk format dengan fokus pengembangan pendidikan di bidang desain multimedia, teknologi multimedia dan sistem jaringan multimedia. Program multimedia dirancang untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu menyampaikan pesan yang dapat digunakan melalui berbagai media yang ada seperti media audio, video,teks, grafis dan animasi.

Dari ketiga program studi ini, yang menjadi program studi favorit adalah desain grafis. Komda Saharja, Pusat Teknik Informasi Politeknik Negeri Media Kreatif pssd Medan mengatakan prodi ini banyak disukai calon mahasiswa karena pembelajaran di dalamnya berkaitan dengan seni terapan yang diaplikasikan dengan komputer. Bahkan banyak calon mahasiswa yang masih awam dan tidak mengetahui mengenai design grafis malah memilih jurusan ini ketika diberi penjelasan saat akan mendaftar.

"Mereka merasa lapangan kerjanya lebih luas setelah kita jelaskan apa saja yang dipelajari dan apa saja lapangan kerja yang akan mereka bisa dapatkan setelah lulusan nanti," ujarnya.

(der/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Persiapkan Mahasiswa Melalui Magang

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/07/persiapkan-mahasiswa-melalui-magang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Persiapkan Mahasiswa Melalui Magang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Persiapkan Mahasiswa Melalui Magang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger