Yabes Roni Malaifani : Beta Semangat Menyanyikan Indonesia Raya

Written By Unknown on Senin, 14 Oktober 2013 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Yabes Roni Malaifani mencuri perhatian pecinta sepakbola nasional. Pemuda asal Alor, Nusa Tenggara Timur berusia 18 tahun itu membuat publik bersorak setelah golnya pada perke gawang Filipina menjadi penentu kemenangan Garuda Muda di ajang Piala AFC U-19.

"Beta (saya) sudah feeling kiper lawan goyang lihat beta mau mengoper tapi beta langsung tendang ke sudut tiang gawang," kata Yabes saat ditemui TRIBUNnews.com di Jakarta, Minggu (13/10).

Anak kedua dari tiga bersaudara itu ramah menyapa TRIBUNnews.com. Ia mengaku gembira setelah Indonesia melangkah ke putaran final Piala AFC dengan mengalahkan Korea Selatan 3-2 dalam pertandingan semalam. Pada pertandingan itu Yabes dimainkan di menit-menit akhir.

Yabes kemudian bercerita bagaimana ia gembira dapat dimainkan pada pertandingan melawan Filipina, Kamis lalu. Pelajar SMU itu mengatakan telah terpilih sebagai punggawa Garuda Muda sejak Piala AFF di Sidoarjo.

Namun, pelatih Indra Sjafri belum memberikan kepercayaan kepadanya. Maklum, pesaing Yabes di sayap kanan Timnas Indonesia ialah Maldini Pali. Pemain didikan akademi Uruguay dengan jam terbang internasional yang tinggi.

"Maldini terbang dari Uruguay, beta terbang dari Alor," kata Yabes sambil tersenyum.

Selain itu, mental bertanding Maldini telah teruji. Tetapi, Yabes tak patah semangat. Dalam setiap kesempatan berlatih, pelatih Indra selalu memberikan motivasi kepada anak didiknya.

"Yang belum main akan diturunkan, ini belum kesempatan saja, teruslah berlatih dengan baik," kata Yabes menirukan ucapan Indra.

Yabes kemudian terpilih lagi dalam skuad Piala AFC U-19. Namanya masuk dalam 23 pemain yang dirilis Indra Sjafri.

Hal itu sudah membuat gempar masyarakat Alor. Saat pertandingan melawan Laos di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (8/10) malam, mereka, kata Yabes, menunggu kapan dirinya masuk kelapangan.

"Itu rahasia pelatih, saya main atau tidak, ternyata beta tidak dimainkan. Beta bersemangat menyanyikan Indonesia Raya, beta pegang terus lambang Garuda," kata Yabes lagi.

Indonesia akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 4-0. Meski belum dipilih pelatih, Yabes tidak patah semangat. Ia berlatih keras kembali. Dengan hasil latihan, penggemar Ronaldinho itu yakin dapat bermain dalam laga melawan Filipina pada Kamis (10/10)

Ternyata benar, Yabes diturunkan pada menit ke-82 menggantikan Dinan Yahdian. Berselang 3 menit, tepatnya menit ke-84, dia mencetak gol cantik ke gawang Filipin pada laga kedua penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19  di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (10/10).

Yabes mencetak gol setelah menerima umpan dari Paulo Sitanggang, Yabes yang melaju dari sayap kanan berhasil menguasai bola dan melesakkan ke tiang dekat tanpa bisa dihalau kiper Filipina. "Coach ngomong dia lagi goyang, akhirnya beta dipanggil. Yabes main selesai lah," ujar Yabes  tertawa.

Gol Yabes tersebut menggemparkan masyarakat NTT dan Pulau Alor tempat Yabes tinggal. Mereka bersorak kegirangan. Yabes bercerita masyarakat di sana jarang yang memiliki televisi sehingga sering diadakan nonton bareng di jalan-jalan utama.

Ibu Yabes, Sepriana Malaifani juga ikut nonton bersama karena kelaurganya belum memiliki televisi.

"Mama menangis melihat gol Yabes. Ada orang memeluk televisi. Ada pula yang melempar layar lebar karena kegirangan layarnya robek," kata Yabes.

"Mama bilang kamu bikin Alor terangkat. Ia bilang beta harus rajin berlatih biar beta lebih baik dan sering main lagi. Nanti kita tancap televisi lagi sampai pagi," tambah Yabes tertawa.


Anda sedang membaca artikel tentang

Yabes Roni Malaifani : Beta Semangat Menyanyikan Indonesia Raya

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/10/yabes-roni-malaifani-beta-semangat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Yabes Roni Malaifani : Beta Semangat Menyanyikan Indonesia Raya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Yabes Roni Malaifani : Beta Semangat Menyanyikan Indonesia Raya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger