Bereskan Masalah di Rumah dengan Cuka

Written By Unknown on Selasa, 26 November 2013 | 11.54

TRIBUN-MEDAN.com- Ternyata, selain dapat digunakan sebagai penambah rasa asam atau pun penghilang bau amis, cuka juga dapat digunakan untuk mengatasi 7 masalah di rumah. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Shower mampet
Kepala shower  yang mampet dapat terjadi karena air mengandung besi atau tanah dan pasir halus. Jika ini yang terjadi di kamar mandi Anda, segera siapkan 1 liter air panas. Tuangkan 1 cangkir cuka makan ke dalamnya, lalu aduk. Rendam kepala shower  dalam larutan air cuka tadi selama 10 menit. Angkat dan bilas dengan air bersih.

2. Blender kotor
Noda makanan yang tertinggal di gelas blender terkadang sulit dibersihkan. Coba tuangkan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci piring, serta dua sendok makan cuka. Nyalakan blender sekitar 30 detik. Buang air di gelas blender, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

3. Lantai kusam
Lantai keramik berusia di atas lima tahun umumnya terlihat kusam dan kotor. Untuk mengatasinya, tuangkan suka makan ke atas lantai keramik. Diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bersihkan dengan kain pel hingga lantai kering, bersih dan mengkilap. Lalu pel lagi menggunakan air untuk menghilangkan bau cuka.

4. Karat logam
Perkakas atau perabot dari logam yang berkarat dapat dihilangkan dengan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam. Gosokkan campuran itu ke bagian yang berkarat hingga karatnya hilang. Bilas dengan air, lalu keringkan.

5. Guci pecah
Selain membersihkan, cuka juga dapat menjadi perekat guci keramik yang pecah. Caranya, ambil satu bungkus agar-agar, campur dengan tiga sendok cuka makan, dan aduk hingga mengental seperti pasta. Gunakan adonan ini sebagai lem untuk merekatkan kembali pecahan-pecahan guci.

Setelah semua pecahan terangkai seperti semula, jemur guci di bawah sinar matahari hingga campuran agar-agar dan cuka tadi mengering.

6. Sisa minyak
Sisa-sisa minyak di alat masak memang sangat menyebalkan. Anda dapat menghilangkannya dengan cara mencampur 2 sendok makan cuka dengan 2 liter air. Celupkan panci yang berminyak tadi ke dalamnya. Minyak membandel pun akan hilang dan panci menjadi bersih kembali.

7. Kerak botol
Botol-botol bekas minuman kerap kali meninggalkan kerak yang membuat tampilan botol menjadi kusam dan tak sedap dipandang mata. Untuk membuatnya bersih kembali, masukkan air sabun ke dalam botol bersamaan dengan satu sendok makan abu gosok dan satu sendok makan cuka.

Biarkan selama satu menit, kemudian kocok-kocok dan sikat bagian dalam botol yang berkerak tadi. Bilas dengan air bersih dan perhatikan perbedaannya.

Selamat mencoba!


Anda sedang membaca artikel tentang

Bereskan Masalah di Rumah dengan Cuka

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/11/bereskan-masalah-di-rumah-dengan-cuka.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bereskan Masalah di Rumah dengan Cuka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bereskan Masalah di Rumah dengan Cuka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger