Jaksa Muda Pidana Umum: Pemimpin Harus Melayani seperti Jokowi

Written By Unknown on Kamis, 14 November 2013 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA -  Jaksa Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung Mahfud Manan menilai, seorang pemimpin harus dapat melayani masyarakat. Sikap pemimpin seperti itu, menurutnya sangat identik dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan Mahfud dalam seminar bertajuk "Membangun Pemimpin Polri yang Berkarakter Guna Terciptanya Kepercayaan Masyarakat dalam Rangka Terwujudnya Kamtibmas yang Kondusif Menjelang 2014" di Sespimma Polri, Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Dia menilai, pemimpin tidak bisa dikatakan sebagai pemimpin jika hal yang dilakukannya baru sekedar memimpin. Pemimpin, lanjut dia, harus mampu untuk melayani warga yang dipimpinnya.

"Fenomena Jokowi dengan gaya blusukannya, itu sangat menggambarkan seorang pemimpin yang melayani," ujarnya.

Menurutnya, dengan melakukan blusukan, Jokowi sebagai pemimpin DKI Jakarta bisa mendengarkan secara langsung keluh kesah warganya. Dengan begitu, Jokowi bisa mengetahui apa yang dibtuhkan warganya dan bisa melayani mereka.

"Dia (Jokowi) juga tidak memikirkan dirinya sendiri. Dia tidak memikirkan apa yang akan dimakan. Apalagi siapa yang akan dimakan," lanjut Mahfud.

Kepemimpinan penegak hukum seperti Polri dan Kejaksaan, menurut dia, harus mengikuti gaya kepemimpinan Jokowi yang melayani tersebut. Pasalnya, selain fungsi utamanya sebagai penegak hukum, Polri dan Kejaksaan juga menurutnya memiliki fungsi melayani dan mengayomi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengingatkan, bahwa pemimpin bukanlah jabatan sebagai Kapolri, Kapolda, dan Kapolres. Menurutnya, tanpa sebuah jabatan, setiap orang bisa menjadi pemimpin. Sebab, menurutnya kepemimpinan merupakan karakter yang dapat tumbuh dalam diri setiap orang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Jaksa Muda Pidana Umum: Pemimpin Harus Melayani seperti Jokowi

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/11/jaksa-muda-pidana-umum-pemimpin-harus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jaksa Muda Pidana Umum: Pemimpin Harus Melayani seperti Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jaksa Muda Pidana Umum: Pemimpin Harus Melayani seperti Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger