Penurunan Target PAD Kota Medan Dipertanyakan

Written By Unknown on Selasa, 19 November 2013 | 11.53

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komposisi Rencana Anggaran Pendapatan Asli Daerah (R-APBD) Kota Medan Tahun 2014, dominasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) hanya 35,07 persen atau Rp 1,512 Triliun lebih. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar 4,31 persen dari PAD sebelumnya. Ironisnya, R-APBD Tahun 2014 diproyeksikan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 4,96 persen.

Penurunan PAD mendapat sorotan dari Fraksi Demokrat DPRD Medan yang disampaikan dalam Pemandangan Umum Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan terhadap Ranperda tentang R-APBD 2014, Selasa (19/11/2013) di Kantor Sementara DPRD Medan.

Penurunan sebesar Rp 66,394 miliar menjadi angka fantastis. Yang dinilai menjadi kegagalan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam mengoptimalkan potensi daerah. Parahnya lagi, seperti disampaikan Yahya Payungan Lubis Anggota Fraksi Demokrat yang menyampaikan pemandangan umum, justru penurunan terjadi pada pos-pos yang selama ini menjadi andalan PAD Kota Medan.

"Kondisi ini tentu sangat mengherankan," ujarnya, Selasa.

Ia mengatakan, pos-pos yang mengalami penurunan seperti dari Pajak Daerah mengalami penurunan pada Pajak Reklame, Pajak Parkir, dan PBB perkotaan. Pos Retribusi Daerah menurun pada pelayanan persampahan/kebersihan, retribusi parkir di tepi Jalan Umum, retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran, retribusi pelayanan terminal, retribusi parkir khusus, dan retribusi IMB.

"Padahal, laju pertumbuhan ekonomi Kota Medan sangat menggembirakan yang ditopang dari sektor perdagangan, pengangkutan dan komunikasi, hotel serta restoran,"katanya.

Untuk itu, aku Anggota Fraksi Demokrat ini, perlu ditekankan kepada Pelaksana Tugas Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin agar melakukan evaluasi terhadap kinerja para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Mengingat terjadinya trens penurunan PAD.

Kondisi R-APBD tahun 2014, justru mengalami peningkatan dari segi dana perimbangan sebesar 9,30 persen menjadi Rp 1,681 triliun, dan kenaikan lain-lain pendapatan sebesar 12,84 persen menjadi Rp 1,116 triliun.

(afr/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Penurunan Target PAD Kota Medan Dipertanyakan

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/11/penurunan-target-pad-kota-medan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penurunan Target PAD Kota Medan Dipertanyakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penurunan Target PAD Kota Medan Dipertanyakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger