Bisakah Menyembuhkan Gagap?

Written By Unknown on Kamis, 12 Desember 2013 | 11.53

TANYA :

Dok, saya termasuk yang gagap ketika berbicara, terlebih ketika harus mengucapkan kata dengan awalan huruf B, P, K, M dll.  Seringkali gagap muncul ketika saya merasa tegang dan berbicara di depan orang banyak. Namun kadang saya bisa berbicara normal ketika sedang dalam suasana nyaman. Saya pernah berkonsultasi dengan psikolog dan juga pernah menjalani hipnoterapi meskipun itu hanya sekali. Namun sampai saat ini saya masih gagap. Psikolog waktu itu pernah bilang saya menyimpan trauma masa lalu dan kebencian yang sangat lama. Memang saya waktu kecil sangat pendiam, pemalu dan tidak percaya diri karena merasa punya beberapa kekurangan. Sejak masuk bangku kuliah, saya mencoba membuka diri, terakhir saya berkonsultasi dengan dokter syaraf tapi dokter syaraf bilang saya sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater untuk penyembuhan gagap ini, karena secara medis tidak ada masalah dengan syarafnya. Namun, saya masih ragu dan malu untuk berkonsultasi dengan psikiater, apakah masalah saya ini bisa disembuhkan?

(Rina, 26 Jakarta)

JAWAB :

Rina yang baik,

Gagap memang masalah yang biasanya berhubungan dengan kondisi yang dimulai sejak saat masa kecil. Orang tidak terlahir dalam kondisi gagap, biasanya gagap mulai pada beberapa anak saat anak sudah bisa berbicara.

Ada beberapa hal yang bisa berkaitan dengan gagap dan memang paling banyak dihubungkan dengan faktor psikologis seperti adanya trauma, bullying, depresi ataupun kecemasan perpisahan pada anak-anak.

Beberapa ahli memang memandang gagap sebagai bagian dari gangguan kejiwaan berkaitan dengan dasar masalah yang telah saya sebutkan tadi. Gagap ada yang bisa hilang sendiri tapi kebanyakan bertahan sampai dewasa jika tidak diterapi.

Terapi bicara akan sangat diperlukan dengan bantuan profesional seorang terapis wicara tapi juga beberapa ada yang bisa melakukan upaya sendiri untuk mengatasi kondisi ini.

Kadang pada masa dewasa ada kondisi kecemasan sosial atau yang disebut fobia sosial yang banyak akhirnya membuat gagap orang tersebut tidak bisa baik sempurna. Coba bisa konsultasi ke psikiater untuk masalah ini. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa


Anda sedang membaca artikel tentang

Bisakah Menyembuhkan Gagap?

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/12/bisakah-menyembuhkan-gagap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bisakah Menyembuhkan Gagap?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bisakah Menyembuhkan Gagap?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger