Hari Raya Nyepi Momentum Mendekatkan Diri

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 11.54

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) I Gde Nyoman Suandi bercerita ketika Hari Raya Nyepi tiba. Ia menanggalkan seluruh aktifitas, tidak berpergian serta puasa satu malam. Biasanya kegiatan seperti demikian dikenal dengan amati geni, yaitu membersihkan diri dari segala dosa yang sudah diperbuat selama hidup di dunia.

"Selain itu, ketika berdiam diri, saya  memohon pada yang maha kuasa agar diberikan kekuatan untuk bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang. Hari Raya Nyepi diyakini masyarakat Hindu sebagai momentum untuk mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa dan dipercayai sebagai hari penyucian para dewa yang berada dipusat samudra yang akan datang kedunia dengan membawa air kehidupan (amarta)," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (26/3/2014)

Dia menjelaskan sehari sebelum Hari Raya Nyepi, seluruh umat Hindu menggelar Upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada saat upacara tersebut seluruh perlengkapan sembayang yang ada di Pura di bersihkan. Selain itu, seluruh umat Hindu juga membersihkan rumahnya.Menurutnya seluruh pelengkapan sembayang di arah ke tempat yang mengalir seperti Laut, Danau dan Sungai karena di yakini bahwa tempat tersebut merupakan sumber air suci.

"Tahun ini merupakan, tahun kedua saya melaksanakan Hari Raya Nyepi di Kota Medan. Tentu saja suasana tidak seperti di Bali. Bahkan tepat satu hari menjelang perayaan seluruh keluarga besar berkumpul. Namun demikian, saya bersama teman-teman seiman yang berasal dari Bali tetap menjalankan ibadah sebagaimana mestinya sesuai tradisi. Sehingga sehari sebelum perayaan kami bakal membersihkan perlengkapan sembayang di Pantai Cermin," ujarnya.

(cr6/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Raya Nyepi Momentum Mendekatkan Diri

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/03/hari-raya-nyepi-momentum-mendekatkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Raya Nyepi Momentum Mendekatkan Diri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Raya Nyepi Momentum Mendekatkan Diri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger