Pentingnya Kojutsu Bagi Wanita untuk Membela Diri

Written By Unknown on Senin, 31 Maret 2014 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, TOKYO - Seorang wanita seringkali disangka lemah dan sering direndahkan lelaki di mana pun. Wanita pun menggunakan berbagai perhiasan termasuk pakaian seperti kimono dengan obi (ikatan di pinggang) untuk menghias diri secantik mungkin. Dengan kecantikan dan hiasan yang ada pada wanita saja sebenarnya sudah bisa membela diri apabila menghadapi lelaki jahil, misalnya.

"Ilmu bela diri itu sederhana dan cukup dengan tangan kita saja, dengan tubuh kita saja dapat menghadapi lawan dengan baik," papar Masaaki Hatsumi (83) khusus kepada Tribunnews.com, Minggu (30/3/2014) di tempat latihan utama (dojo pusat) Bujinkan di kota Noda, perfektur Chiba.

Oleh karena itu wanita pun, menurutnya, bisa membela diri hanya dengan menggunakan kecantikan dan perhiasan yang ada di badannya.

Misalnya obi atau tali pengikat pada baju kimono itu dianggapnya bisa sangat mematikan apabila kita dapat mempelajari seni bela diri ninjutsu (seni dasar bagi para ninja) dengan baik. Itulah sebabnya sensei Hatsumi mempelajari dan mendalaminya di tiga sekolah khusus ninja dan kini Hatsumi menjadi ninja asli terakhir yang ada di muka bumi ini.

Seni ninjutsu sebenarnya berasal dari China, lewat Korea dibawa masuk oleh Chan Busho, seorang prajurit China. Ilmunya mirip dengan KoppoJutsu (Kojutsu) dan kini mungkin karena perkembangan ilmu dan zamannya, ilmu tersebut terkemban lebih dalam lagi di Jepang, khususnya yang diajarkan sensei Hatsumi, GrandMaster dari 9 sekolah (aliran) ninjutsu besar di Jepang.

Kojutsu tersebut di waktu lalu diformulasikan pula oleh Sakagami Taro Kunishige pada tahun 1542. Dia juga Soke (Grand master) Gyokko Ryu Koshijutsu. Sistem tersebut mirip pula dengan yang diajarkan di Sanpo Gassho (Gassho Kuji Kiri di Gyokko Ryu).

Cukup banyak ninja dan samurai Jepang yang belajar di Koto Ryu Koppojutsu. Salah satunya adalah Momochi Sandayu, Ninja terkenal setelah Hattori Hanzo dan pengajaran Ninjutsu kepada Ishikawa Goemon, ninja yang tidak terkenal.

Momochi terjebak dalam "politik" dijelekkan namanya menjadi kriminal sehingga dia di keluarkan dan tidak diakui lagi sebagai murid sekolah Koto Ryu.

Goemon diduga banyak orang telah melakukan asasinasi (pembunuhan) terhadap Toyotomi Hideyoshi. Namun hal ini sebenarnya dilakukan oleh Jenderal Hideyoshi yang bernama Akechi.

Akibat tuduhan yang sangat jelek itulah, Goemon, biasa dijuluki ninjanya Robin Hood, akhirnya berhasil ditangkap dan direbus sampai meninggal di gentong raksasa berisi air dan minyak.

Beberapa sejarawan Jepang misalnya Toshitsugu Takamatsu, percaya bahwa Goemon tidak tertangkap. Namun supaya kalangan Shogun (bangsawan Jepang) tidak malu, maka mereka tidak mengakuinya. Pada beberapa kasus sejarah per-Ninja-an di Jepang ini tampak lebih banyak dipercaya berkat penulisan atau catatan sejarah yang ada.

Itulah sebabnya ninja Jepang yang lain yang saat ini masih hidup, Jinichi Kawamai menyatakan sampai saat ini masih terus mencari berbagai catatan sejarah yang tertinggal mengenai per-ninja-an di Jepang untuk melengkapi sejarah ninja lebih lanjut.

Melalui penguasaan Kojutsu tersebut, seorang wanita dengan penguasaan dan pengaktifan tangannya dapat melawan lelaki atau musuhnya hanya dengan memencet bagian tubuh tertentu sang lawan dan dia akan jatuh tersungkur. Itulah kehebatan Kojutsu ini.

Tali (obi) bisa dibuka dan digunakan sebagai senjata mematikan untuk melawan musuh yang menyerangnya. Semua itu berkat penguasaan ilmu Kojutsu, yang memiliki konsentrasi tinggi serta fokus pada lawan. Hanya dengan mengerahkan kemampuan tenaga lengan tangan dan jari kita mematok atau menekan pusat syaraf dan atau pusat tulang yang terlemah pada manusia, sehingga musuh langsung menjerit kesakitan dan jatuh.

"Jadi wanita sangat baik pula apabila ingin mempelajari Ninjutsu termasuk Kojutsu di dalamnya," tekan sang sensei yang rambutnya dicat ungu supaya kelihatan lebih muda. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pentingnya Kojutsu Bagi Wanita untuk Membela Diri

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/03/pentingnya-kojutsu-bagi-wanita-untuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pentingnya Kojutsu Bagi Wanita untuk Membela Diri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pentingnya Kojutsu Bagi Wanita untuk Membela Diri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger