Kalimantan Timur Pemasok Pusat Belanja Terbanyak di Indonesia

Written By Unknown on Selasa, 05 Agustus 2014 | 11.54

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Kalimantan Timur merupakan daerah pemasok pusat belanja terbanyak di Indonesia untuk tahun 2014-2016. Balikpapan dan Samarinda mewakili provinsi ini dengan jumlah masing-masing empat dan satu pusat belanja.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa, mengungkapkan hal tersebut terkait semakin menguatnya bisnis sektor ritel di daerah kepada Kompas.com, Senin (4/8/2014).

"Secara keseluruhan, Indonesia akan menambah 15 pusat belanja dalam dua tahun. Selain di Balikpapan dan Samarinda, pusat belanja lainnya tersebar di kota-kota besar dan kecil. Bahkan hingga ke wilayah Indonesia timur," ujar Handaka.

Pusat belanja yang kini sedang dalam tahap konstruksi di Balikpapan adalah Pentacity Mall yang dikembangkan PT Wulandari Bangun Laksana), The Plaza Balikpapan (PT Agung Podomoro Land Tbk), Supermal Balikpapan (PT Supermal Karawaci), dan The Dome Mall (MGM Land). Sedangkan di Samarinda terdapat pusat belanja terbesar di Kalimantan yakni Big Mall (Borneo Inti Graha) dengan luas bangunan mencapai 200.000 meter persegi.

Menggeliatnya sektor ritel daerah terutama di Kaltim, tambah Handaka, tak lepas dari kebutuhan yang tinggi dari para peritel. Namun, kebutuhan tersebut tidak terakomodasi lantaran pasokan terbatas. Kebutuhan ini terutama berasal dari peritel segmen kelas menengah. Mereka menyasar pasar kelas yang sama dengan daya beli tinggi.

"Ada banyak peritel dari grup-grup menengah dan besar yang menyampaikan keluhan, bahwa mereka sulit mendapatkan space untuk ekspansi. Kalau pun ada ruang, mereka harus rela antri dalam waiting list pusat belanja yang diincar. Akibatnya, target penjualan pun tertahan," kata Handaka.

Selain itu, kondisi sosioekonomi kawasan tersebut memungkinkan untuk bertumbuhnya pusat belanja. Menurut Handaka, di Kaltim banyak beroperasi perusahaan skala multinasional dan nasional baik di sektor pertambangan, jasa, maupun perdagangan. Mereka tentu saja mempekerjakan karyawan dengan renumerasi tinggi dan potensi konsumsi tak kalah tinggi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kalimantan Timur Pemasok Pusat Belanja Terbanyak di Indonesia

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/08/kalimantan-timur-pemasok-pusat-belanja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kalimantan Timur Pemasok Pusat Belanja Terbanyak di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kalimantan Timur Pemasok Pusat Belanja Terbanyak di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger