Ratusan Ontel di Gowes Tribun Medan

Written By Unknown on Minggu, 24 Agustus 2014 | 11.53

Laporan wartawan Tribun Medan/ Tatang Sinaga

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ada berbagai hal menarik dalam acara Gowes As'ik Bersama Tribun Bike to Heritage dimulai di Lapangan Benteng Medan, Minggu (24/8/2014). Satu di antaranya adalah berbagai jenis sepeda yang digunakan peserta dalam acara gowes.

Usai menggowes para peserta memarkiran sepeda di Lapangan Benteng Medan. Hal yang menjadi perhatian adalah deretan sepeda ontel yang menarik perhatian peserta. Bahkan jumlahnya mencapai ratusan.

Ontel-ontel ini ternyata miliki peserta yang berasal dari Komunitas Sepada Indonesia (KOSTI) Sumatera Utara. Para pengguna ontel juga terlihat seragam. Mereka mengenakan busana kebudayaan daerah Jawa.

Wakil Ketua KOSTI Sumut Sudarmaji mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja untuk menggunakan sepeda ontel dalam acara tersebut. "Kita memang sengaja ikut gowes pakai ontel. Karena kan komunitas kita memang menggunakan ontel dalam kesehariannya," ujarnya.

Selain mengikuti gowes Sudarmaji mengatakan pihaknya juga ingin melakukan promosi kebudayaan. Yaitu dengan menggunakan baju yang beraroma budaya Indonesia. "Ya mengenakan pakaian seperti ini juga ada tujuannya. Untuk kembali mengingatkan bahwa kita memiliki kebudayaan yang tak boleh kita lupakan," jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa ontel merupakan bagian dari kebudayaan. Karena merupakan alat transportasi yang digunakan di masa lampau. Bahkan juga berperan sebagai alat transportasi di zaman perjuangan kemerdekaan.

Tak hanya laki-laki, komunitas Kosti juga melibatkan cukup banyak wanita. Para wanita juga tak mau ketinggalan dengan berdandan mengenakan busana tradiosnal. Yaitu dengan memakai kebaya dan topi petani sebagai penutup kepala.

(cr8/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Ontel di Gowes Tribun Medan

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/08/ratusan-ontel-di-gowes-tribun-medan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Ontel di Gowes Tribun Medan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Ontel di Gowes Tribun Medan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger