Kisah Jamaah Haji yang Berhari-hari Hilang dan Dinyatakan Berstatus 'Ghaib'

Written By Unknown on Sabtu, 18 Oktober 2014 | 11.54

TRIBUN-MEDAN.COM - Dua jamaah yang dilaporkan hilang adalah Wawan Chandra Suharna dari Kloter SOC 13 Solo dan Muhammad Husaini bin Aban dari BDJ 12 Banjarmasin. Wawan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di RS King Faisal, Syisyah, Makkah, Jumat (17/10/2014) dinihari.

Terlebih dalam penanganan gawat darurat, disaat pasien begitu banyak dan padat di puncak musim haji. "Misalnya, pada awalnya jamaah dirawat di RS An-Nuur. Namun karena pertimbangan yang mendesak, bisa saja mendadak dipindahkan ke RS King Faisal untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," katanya.


Ramon mengatakan, ketika ada jenazah di RS Saudi yang tidak dikenali (alias Mr X, red), maka pihak RS akan menunggu hingga 3 sampai 4 bulan sebelum memakamkannya.

Namun mengenali jenazah saat itu tidaklah mudah, karena jenazah sudah bengkak. Pasalnya jenazah tidak diformalin, hanya dibekukan. Umumnya jenazah hanya dikenali dari ciri-ciri khusus, ataupun rona wajah Melayu bagi jamaah Indonesia.

Setelah mengantar, jamaah itu lalu ke pemondokan. Namun ternyata ICU rumah sakit itu penuh, dan mendadak pasien dipindahkan ke RS Mina Tawarrik. Saat jamaah itu kembali, pasien sudah tidak ada. "Setelah dicari beberapa waktu, ternyata pasien sudah wafat di RS Mina Tawarrik. Jenazah dikenali dengan gigi palsunya," kata Ramon.

Bisa jadi jamaah itu sedang beri'tikaf di masjid, lalu sakit atau wafat. Lalu dibawa ke RS terdekat tanpa ada komunikasi dan koordinasi dengan misi haji jamaah yang bersangkutan. Terutama jamaah yang tidak menggunakan tanda identitas.

Sebelumnya, kata Muchlis, juga dilaporkan ada seorang jamaah wanita lagi yang ghaib. Namun setelah ditelusuri ternyata ditemukan meninggal di rumah sakit Arab Saudi. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kisah Jamaah Haji yang Berhari-hari Hilang dan Dinyatakan Berstatus 'Ghaib'

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/10/kisah-jamaah-haji-yang-berhari-hari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kisah Jamaah Haji yang Berhari-hari Hilang dan Dinyatakan Berstatus 'Ghaib'

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kisah Jamaah Haji yang Berhari-hari Hilang dan Dinyatakan Berstatus 'Ghaib'

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger