Basuki: Saya Suka Taekwondo Karena Diajak Kakak

Written By Unknown on Jumat, 17 Oktober 2014 | 11.53

Laporan Wartawan Tribun Medan/Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tidak ada yang kebetulan dalam bidang olahraga. Jika memang tidak memiliki potensi dan kerja keras yang maksimal maka seorang atlet tidak akan pernah menggapai cita-citanya.

Hal itulah yang diyakini atlet taekwondo Basuki Nugroho hingga bisa meraih mimpinya menjadi atlet berprestasi yang mengikuti beberapa kejuaraan Sea Games.

"Saya latihan di luar jam orang biasa latihan, jika beberapa atlet latihat di dojang (tempat latihan taekwondo) selama 3 kali seminggu, maka saya latihan setiap hari, baik di dojang dan di rumah, selama 13 tahun terus begitu untuk terus mengasah kemampuan dan mempertahankan kualitas teknik gerakan saya," kata anak bungsu dari 4 bersaudara ini.

PNS Dispora yang lulus melalui jalur atlet berprestasi ini menuturkan mengenal olaharaga taekwondo dari penasarannya saat kecil. "Kebetulan dekat rumah saya ada dojang, asal lewat situ saya penasaran kemudian diajak oleh abang saya untuk ikut, sejak itu saya langsung jatuh cinta dengan taekwondo," jelasnya.

Dikatakannya, di dalam keluarga, dia dan kakak laki-lakinya berhasil menjadi atlet taekwonda dan membanggakan keluarga dan Sumatera Utara.

Menurutnya, selain kerja keras dalam berlatih, attitude kepada pelatih dan senior juga harus dimiliki seorang atlet. Karena seorang atlet harus terus belajar dan membutuhkan dukungan dari pelatih dan senior.

"Atlet tidak boleh cepat berpuas diri, hingga tidak menghormati lagi para senior dan pelatih, karena seorang atlet tidak akan pernah berhenti untuk belajar dari siapapun," katanya.

Setelah hampir 13 tahun menggeluti bidang taekwondo dan melalang di kanca-kanca kompetisi internasional. Basuki kini telah masuk dalam kepengurusan pemprov Sumut dan menjadi pelatih. Ia memiliki tugas mencari bibit-bibit atlet di bidang taekwondo untuk membanggakan Sumut.

"Alhamdulillah sekarang saya juga menjadi pelatih, tapi tetap sesekali mengikuti kompetisi, seperti halnya sekarang saya sedang mempersiapkan diri untuk PON 2016," katanya.

Basuki ingin tidak terlalu aktif lagi, dia ingin atlet-atlet muda baru meneruskan prestasinya.  "Saya sudah merasa cukup dengan prestasi dan usia saya sekarang ini, saya ingin menemukan atlet dan memotivasi untuk mengejar cita-citanya dan dapat membanggakan Sumatera Utara, saya ingin para atlet tidak mudah patah semangat dan cepat menyerah dalam mengejar cita-cita, karena segala sesuatu akan menunjukkan hasil pada akhirnya jika kita memang serius dan bersabar," tambahnya.

Nama: Basuki Nugroho
Bidang Olahraga: Atlet Takwondo
Tanggal Lahir: 6 Juni
Prestasi: Mendapatkan emas di Sea Games Filipina pada 2005 dan Sea Games 2011 di Jakarta, mendapatkan perak pada Sea Games 2001 di Kuala Lumpur dan Sea Games di Thailand, mendapatkan perunggu di Sea Games 2003 di Vietnam dan Sea Games 2013 di Myanmar.
Bekerja: PNS Dispora

(sil/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki: Saya Suka Taekwondo Karena Diajak Kakak

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/10/basuki-saya-suka-taekwondo-karena.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki: Saya Suka Taekwondo Karena Diajak Kakak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki: Saya Suka Taekwondo Karena Diajak Kakak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger