Usulan Pertamina: Pembeli Gas 3 Kg Pakai Kartu Kendali

Written By Unknown on Jumat, 05 Desember 2014 | 11.54

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pihak pertamina mengusulkan sistem distribusi tertutup sebagai solusi mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 Kg di Medan dan Sumatera Utara, sesuai peraturan perundang-undangan, solusi mengatasi masalah LPG 3 Kg. Hal itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPRD Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (3/12/2014), dan DPRD Medan pada Kamis (4/12/2014).

Sesuai Pasal 1 Peraturan Menteri ESDM No. 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas, sistem pendistribusian tertutup adalah sistem pendistribusian LPG 3 Kg untuk rumah tangga dan usaha mikro yang menggunakan LPG 3 Kg, yang terdaftar dengan menggunakan kartu kendali.

Kartu kendali merupakan tanda pengenal resmi yang diberikan kepada mereka yang berhak sebagai alat pengawasan dalam pendistribusian LPG 3 Kg. Dengan penerapan sistem pendistribusian tertutup berbarti tidak semua orang bisa membeli produk tersebut.

Sesuai Lampiran III Peraturan Menteri tersebut, pemerintah berwenang melaksanakan pendataan rumah tangga dan usaha mikro pengguna LPG 3 Kg dengan kriteria memiliki KTP atau Kartu Penduduk Musiman dan Kartu Keluarga (KK).

Dalam edaran yang dikirim Pertamina dikatakan, sebagai badan usaha yang diberikan penugasan oleh pemerintah untuk mendistribusikan LPG 3 Kg, Pertamina telah berupaya maksimal sesuai tugas dan wewenang dalam pendistribusian.

Pertamina memantau penyaluran LPG 3 Kg per harinya dari agen ke pangkalan melalui aplikasi berbasis teknologi bernama Sistem Monitoring LPG 3 Kg (Simol3k). Pertamina juga mewajibkan pangkalan memiliki buku (log book) konsumen yang mendata identitas konsumen pembeli LPG 3 Kg.

Berdasarkan pengamatan Pertamina, tingginya harga LPG 3 Kg saat ini berada di level pengecer/warung/toko yang bukan kewenangan Pertamina. Dengan diterapkannya pendistribusian tertutup, maka tata niaga distribusi LPG 3 Kg akan secara otomatis tertata.

"Sudah sewajarnya barang bersubsidi yang berkuota atau dijatah jumlahnya, diatur penyalurannya agar tepat sasaran dan efektif seperti halnya produk bersubsidi lain, misal saja minyak tanah subsidi sebelum konversi ke LPG 3 Kg maupun pupuk subsidi," ujar Pertamina dalam rilisnya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Usulan Pertamina: Pembeli Gas 3 Kg Pakai Kartu Kendali

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/12/usulan-pertamina-pembeli-gas-3-kg-pakai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Usulan Pertamina: Pembeli Gas 3 Kg Pakai Kartu Kendali

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Usulan Pertamina: Pembeli Gas 3 Kg Pakai Kartu Kendali

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger