Perpanjang Operasi Pasar hingga Maret

Written By Unknown on Senin, 23 Februari 2015 | 11.53

- Bulog Minta Masyarakat Tak Khawatir dengan Peningkatan Harga

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Harga beras yang terus meningkat di pasaran membuat Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) mempertimbangkan memperpanjang waktu intervensi pasar sampai Maret 2015 atawa menjelang panen raya. Hal itu dilakukan untuk meredam kenaikan harga beras di pasar yang belum juga turun kendati Bulog telah melakukan operasi pasar.

Direktur Utama Bulog Lenny Sugihat mengatakan operasi pasar Bulog yang telah dimulai Senin (16/2) pekan lalu ditargetkan akan berakhir pada akhir Februari 2015. Namun melihat kondisi pasar saat ini, dimana harga beras justru meningkat, maka Bulog mempertimbangkan memperpanjang proses operasi beras hingga bulan Maret menyongsong panen raya.

"Kami akan melakukan terus operasi pasar, sambil terus mengevaluasinya. Kita akan lihat sampai akhir Februari, bila perlu kita lakukan operasi pasar sampai bulan Maret menyongsong panen raya," ujar Lenny, seperti dikutip dari KontanOnline, Minggu (22/2). Bulog memprediksi panen raya akan berlangsung mulai bulan Maret hingga Juni 2015.

Lenny meminta masyarakat tidak khawatir akan kenaikan harga beras, karena bisa membelinya dari Bulog dengan harga Rp 7.400 per kilogram (kg). Dengan hadirnya bulog di sejumlah pasar tradisional atau di 12 pasar tradisional di Jadetabek, serta di 50 titik, masyarakat bisa langsung membeli beras dari Bulog dengan harga murah tapi kualitas baik.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menambahkan, pemerintah tidak akan melakukan impor beras kendati harga beras di pasaran saat ini masih tinggi. Menurutnya, ketersediaan stok beras nasional masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sampai musim panen tiba.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Hasil Sembiring, menyatakan bahwa luas panen pada Maret 2015 akan mencapai 2,4 juta hektar atau setara dengan 12 juta ton gabah kering. Jumlah tersebut setara dengan 7,1 juta ton beras. (*) Baca selengkapnya di Harian Tribun Medan Edisi Senin (23/2/2015) 


Anda sedang membaca artikel tentang

Perpanjang Operasi Pasar hingga Maret

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/02/perpanjang-operasi-pasar-hingga-maret.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perpanjang Operasi Pasar hingga Maret

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perpanjang Operasi Pasar hingga Maret

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger