87 Sekolah di Jateng akan Ikuti Ujian Nasional Online

Written By Unknown on Jumat, 10 April 2015 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, SEMARANG - Sebanyak 87 sekolah di Jateng akan melaksanakan UN online berbasis komputer atau Computered Based Test (CBT). Jumlah itu belum termasuk beberapa sekolah SMK di Kota Semarang.

Sekolah yang akan laksanakan UN Online terdiri dari 70 SMK, 10 SMA, dan 7 SMP. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Nur Hadi Amiyanto dalam konferensi pers kepada awak media di kantor Dinas Pendidikan, Jalan Pemuda, Semarang, Kamis (9/4/2015).

Menurutnya semua sekolah itu sudah suka rela menyatakan siap untuk menyelenggarakan Ujian Nasional CBT.
"Saya sudah lihat kesiapannya beberapa sekolah dan memang mereka memiliki prasarana yang memadahi," jelasnya kepada awak media.

Prasarana itu mulai dari komputer, server, hingga ketersediaan pembangkit listrik jika listrik padam tiba-tiba. Diakuinya jumlah penyelenggaran UN Online di Jateng memang bukan yang terbanyak di Indonesia.

"Tapi tidak apa-apa, tahun depan kami berharap bisa lebih banyak terutama untuk kategori SMP yang tahun ini baru sekitar tujuh sekolah saja," paparnya.

Di lain sisi, ketua panitia ujian nasional Jawa Tengah, Tri Handoyo menjelaskan UN Online berbeda dengan UN CBT. Jadi kekhawatiran akan putusnya jaringan internet bisa ditepis.

"UN Online servernya satu, didistribusikan melalui jaringan internet saat UN diselenggarakan, kalau UN CBT soalnya hanya berada di server lokal di masing-masing sekolah," paparnya.

Meski demikian dia memastikan soal tidak akan bocor meski satu komputer digunakan maksimal tiga orang. Keyakinannya itu karena ada Bank Soal yang digunakan untuk mendistribusikan soal ke masing-masing komputer.

"Jadi soal bisa diacak, ada kategorinya sendiri soal sangat mudah, mudah, sedang dan sulit dalam penyebarannya ke masing-masing komputer akan diacak dan soalnya berbeda beda," pungkasnya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

87 Sekolah di Jateng akan Ikuti Ujian Nasional Online

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/04/87-sekolah-di-jateng-akan-ikuti-ujian.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

87 Sekolah di Jateng akan Ikuti Ujian Nasional Online

namun jangan lupa untuk meletakkan link

87 Sekolah di Jateng akan Ikuti Ujian Nasional Online

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger