Pemutakhiran DPT Pilgub Sumut Masih Minim

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 11.53

Tribun Medan - Kamis, 18 Oktober 2012 11:18 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR

– Persiapan tahapan menuju Pemilihan Gubernur Sumut periode 2013-2018 tahun 2013, KPU Pematangsiantar diminta untuk lebih optimal dalam melakukan pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4) yang diumumkan dinilai rancu.
Sebelumnya, data yang diperoleh dari KPU Kota Pematangsiantar tentang DP4, berjumlah sekitar 206 ribu. Sehingga sangat jauh berbeda dengan keadaan DPT pada pemilihan Kepala Daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2010, yang hanya berjumlah 178 ribu.
"Data itu masih kita ragukan, nampaknya persoalan kalsik pemilihan umum sebelumnya akan terulang," ujar Armada Purba Koordinator Daerah komite Pemilih Indonesia (TePI) Kota Pematangsiantar, Rabu (17/10/2012). Untuk itu, diminta kepada KPU kota agar benar-benar melakukan pemutakhiran DPT. Karena akan sangat berpengaruh kepada proses dan hasil Pilgub Sumut yang akan datang.
Jika dibandingkan dengan jumlah hasil perekaman E-KTP tahun 2012 yang baru saja dilaksanakan yang hanya berjumlah 150 ribu, menjadi perntanyaan lain. "Adanya pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal masuk daftar pemilih, yang sudah pindah masih masuk DPT, dan yang belum cukup umur juga masuk menjadi DPT," katanya.
Persoalan-persoalan Pemilu ini, ujar Armada, tidak hanya di Pematangsiantar saja, daerah kabupaten/kota lainnya di Sumut kemungkinan terjadi pada saat Pilgub Sumut 2013 mendatang.
Dijelaskannya, kondisi DPT yang tidak akurat nantinya bisa saja dimanfaatkan para calon yang turut berkompetisi dalam panggung demokrasi tersebut. "Untuk itu, kita berharap agar KPU dan Perangkat dibawahnya, PPK, PPS, dan PPDP dalam melakukan pemutakhiran DPT agar cermat, professional dan tidak main-main dalam pemutakhiran DPT," ujarnya.
Diharapkan, seluruh masyarakat tidak dirugikan dan tidak kehilangan hak konstitusinya. Termasuk dalam penentuan orang nomor satu di Sumatera Utara 2013-2018.
Hal ini juga menjadi perhatian DPRD Kota Pematangsiantar, yang terungkap dalam rekomendasi Komisi I tentang Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2012. Dimana, DPRD menyampaikan melalui juru bicaranya, Rudi Wu, agregat DP4 untuk pemilihan gubernur Sumut 206.272 penduduk.
"Pemutahiran data dari masyarakat sangat minim. Masyarakat enggan melaporkan anggota keluarga yang sudah meninggal," ujarnya. Untuk itu, Pemerintah Kota melakukan sosialisasi akan pentingnya pelaporan data kependudukan.(afr/tribun-medan.com)

Anda sedang membaca artikel tentang

Pemutakhiran DPT Pilgub Sumut Masih Minim

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2012/10/pemutakhiran-dpt-pilgub-sumut-masih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemutakhiran DPT Pilgub Sumut Masih Minim

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemutakhiran DPT Pilgub Sumut Masih Minim

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger