Awas! 25 Persen PSK di Bali Terinfeksi HIV/AIDS

Written By Unknown on Minggu, 20 Januari 2013 | 11.53

Tribun Medan - Minggu, 20 Januari 2013 11:47 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, DENPASAR - Penularan virus HIV/AIDS di Pulau Dewata melalui hubungan seksual terbilang tinggi. Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, 75 persen cara penularan HIV/AIDS di Bali adalah melalui hubungan heteroseksual, 11 persen homoseksual, sementara melalui penularan lain seperti jarum suntik hanya di bawah sepuluh persen.

Perilaku seks yang tidak sehat khususnya di lingkungan prostitusi mempengaruhi cepatnya penyebaran HIV/AIDS di Bali. Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi KPA Prov Bali, Prof. I Dewa Nyoman Wirawan, jumlah pekerja seks komersial (PKS) di Bali yang terinfeksi HIV/AIDS sudah mencapai 25 persen.

Jumlah PSK di Bali saat ini tercatat sekitar 8.000 orang dan dibagi menjadi 2 kategori yakni langsung maupun tidak langsung. "Yang langsung dalam artian pekerjaannya hanya sebagai PSK sekitar 3.000 orang, sementara yang tidak langsung mereka yang bekerja di cafe, bar, spa, salon dan sesekali 'melayani' tamu ada 5.000," ujar Wirawan saat menjadi pembicara dalam media briefing Komunitas Jurnalis Peduli AIDS (KJPA) Bali, di Denpasar, Sabtu (19/01/2012) kemarin.

Dari 25 persen PSK yang terinfeksi HIV, 20 persen adalah PSK kategori langsung sementara 5 persen untuk kategori tidak langsung. Untuk menekan penularan HIV/AIDS di kalangan PSK, Wirawan saat ini gencar mengkampanyekan seks sehat dengan menggunakan kondom.


Anda sedang membaca artikel tentang

Awas! 25 Persen PSK di Bali Terinfeksi HIV/AIDS

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/01/awas-25-persen-psk-di-bali-terinfeksi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awas! 25 Persen PSK di Bali Terinfeksi HIV/AIDS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awas! 25 Persen PSK di Bali Terinfeksi HIV/AIDS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger