Pemerintah Daerah Ambil Andil Atas Krisis Listrik

Written By Unknown on Kamis, 15 Agustus 2013 | 11.54

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk
 
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Pemeirntah daerah bertanggungjawab atas krisis energy listrik yang terjadi di daerahnya. Khusunya daerah Sumut, yang kini sangat minim ketersediaan cadangan energy listrik mengakibatkan sering terjadi pemadaman bergilir bukan karena gangguan fisik.
Pasca disahkannya UU no 30 tahun 2009 tentang ketenaga listrikan menyatakan bahwa kekurangan energy termasuk sudah menjadi tanggungjawab pemerintah. Dan pihak swasta juga dibenarkan dalam mendirikan pembangkit tenaga listrik yang akan ditampung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk sebagai operator penyalur ke konsumen.
"Harga beli PLN ke pihak swasta sesuai dengan harga industry, namun dijual ke konsumen degan harga subsidi," ujar Anggota Komisi Bidang Pembangunan dan infrastruktur DPRD Kota Medan Parlaungan Simangunsong menanggapi krisis energy listryk yang terjadi di Sumut. Hal itu disampaikannya saat mengahadiri halal bilhalal di kediaman Ketua Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) cabang Medan Zulham di Jl Bilal Gg Mangga.
Halal bilhalal yang dihadiri para mitra kerja dari PLN diwakili oleh Manager Area Medan Ir Harris Nasution, Ir Hidayat Pane dari PLN Sumut, dan beberapa karyawan PLN Cabang dan PLN Ranting bersama pengurus DPC  AKLI Medan, Rabu kemarin.
Pembicaraan seputar energy listrik menjadi topic dalam pertemuan sederhana dan bersahaja itu. Dilanjutkan Parlaungan yang juga mantan Ketua AKLI Medan ini, bahwa saat ini dengan diberlakukannya UU tersebut, tidk ada alasan pemerintah pusat maupun daerah untuk menyalahkan PN saat terjadi pemadaman. Seperti halnya kondisi saat ini, pemerintah Provinsi Sumut maupun kabupaten kota lainnya tidak ada upaya untuk menjamin ketersediaan energy listrik.
"Sebetulnya, kalau pemerintah pusat serius, Sumut ini tidak krisis energy,, Sumberdaya alamnya sangat banyak," ujarnya. Dijelaskannya, energy listrik di Sumut saat ini mahal karena biaya produksi yang sangat tinggi. Padahal, banyak energy terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin pembangkit tenaga listrik.

(afr/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Daerah Ambil Andil Atas Krisis Listrik

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2013/08/pemerintah-daerah-ambil-andil-atas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Daerah Ambil Andil Atas Krisis Listrik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Daerah Ambil Andil Atas Krisis Listrik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger