Kesiapan UKM Hadapi MEA

Written By Unknown on Sabtu, 23 Agustus 2014 | 11.53

* Bank Mandiri Gelar Seminar Usaha Kecil

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mendekati Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang semakin dekat, Usaha Kecil Menengah (UKM) harus mendapat perhatian khusus agar bisa berdikari.

Hal ini dikatakan Jeni, Akademisi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada seminar UKM yang digelar Bank Mandiri, Jumat (21/8) di Hotel Santika, Medan.

Dalam acara yang bertemakan Menembus Batas, Menuju UKM Mandiri, Taat Pajak dan Siap Menghadapi MEA 2015 ini, Jeni mengungkapkan hampir separuh masyarakat Indonesia bekerja pada usaha mikro.

"Sisanya PNS, perusahaan besar, dan lain-lain. Dari sini kita lihat usaha mikro penyelamat ekonomi sesungguhnya, terbukti saat krisis global usaha-usaha mikro ini bertahan," ujarnya.

Namun sangat disayangkan karena ternyata 65 persen kegiatan ekonomi mikro Indonesia berada di sektor informal.

"Artinya pengusaha-pengusaha mikro ini masih belum memiliki izin usaha, NPWP, dan lain-lain. Jika kita bandingkan dengan negara tetangga kita Malaysia, pengusaha mikro di sektor informal tinggal 30 persen," ujarnya.

Ini yang membuat usaha ini sulit maju. Padahal jika diingat MEA dengan perdagangan yang begitu bebas, Indonesia termasuk Sumut akan tertinggal jauh dengan negara tetangga yang sejak bertahun-tahun lalu sudah memikirkan ekspansi ke Indonesia.

"Bayangkan, orang Korsel, China, Thailand, Vietnam sudah berbondong-bondong belajar Bahasa Indonesia demi kemajuan bisnisnya di sini," ujarnya lagi.
Pada negara sendiri, imbas ketidaksiapan pengusaha menjadi sektor formal ini tidak menyetor pajak. Dari 60 juta pengusaha di Indonesia, menurut Jeni, hanya 14,4 persen yang menyetor pajak.

Sementara, Teuku Ali Usman, Regional Manager Bank Mandiri mengatakan, melalui program ini UKM akan diberikan bimbingan pengembangan binis, semangat keweirausahaan, dan pemahaman terhadap ketentuan pajak UKM. (*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Medan Edisi Sabtu (23/8/2014)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kesiapan UKM Hadapi MEA

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/08/kesiapan-ukm-hadapi-mea.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kesiapan UKM Hadapi MEA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kesiapan UKM Hadapi MEA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger