Kasus Jero, KPK Periksa Sutan Bhatoegana

Written By Unknown on Rabu, 17 September 2014 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sutan Bhatoegana sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rabu (17/9/2014). Kasus ini menjerat mantan Menteri ESDM, Jero Wacik.

Sutan memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sekitar pukul 09.45 WIB. "Saya diperiksa untuk Pak Jero," ucap Sutan setibanya di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Saat ditanya pengetahuannya mengenai dugaan pemerasan yang dilakukan Jero, Sutan mengaku tidak tahu. Sutan yang satu partai dengan Jero itu mengaku belum tahu hal apa yang akan ditanyakan tim penyidik KPK kepadanya.

"Enggak tahu saya, begini loh, saya dipanggil sebagai saksinya Pak Jero Wacik, apa yang mau ditanyakan ke saya kan saya belum tahu," ucap Sutan.

Demikian juga mengenai dana operasional menteri (DOM) yang diduga diselewengkan Jero. Selaku anggota Komisi VII yang bermitra dengan Kementerian ESDM, Sutan mengaku tidak tahu mengenai besaran DOM di kementerian yang pernah dipimpin Jero tersebut.

"Kalau laporan kan kita APBN, kalau soal pemerasan mana tahu kita," ujar Sutan.

KPK menetapkan Jero sebagai tersangka sejak 2 September 2014. Selama menjadi Menteri ESDM, Jero melalui Waryono Karno, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, dan bawahannya yang lain, diduga memeras sejumlah rekanan pengadaan di kementerian tersebut.

Terhitung sejak tahun 2011 hingga 2013, total uang yang diperoleh Jero dari pemerasan itu mencapai Rp 9,9 miliar. Menurut KPK, uang yang diterima Jero diduga digunakan untuk kepentingan pribadinya, termasuk untuk pencitraan di hadapan Presiden SBY.

Kasus dugaan pemerasan dengan tersangka Jero ini merupakan hasil pengembangan kasus suap yang melibatkan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Melalui pengembangan kasus Rudi, KPK juga menetapkan Sutan sebagai tersangka. Sutan diduga menerima pemberian hadiah atau janji terkait pembahasan APBN-P di Kementerian ESDM. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kasus Jero, KPK Periksa Sutan Bhatoegana

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/09/kasus-jero-kpk-periksa-sutan-bhatoegana.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kasus Jero, KPK Periksa Sutan Bhatoegana

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kasus Jero, KPK Periksa Sutan Bhatoegana

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger