Ahli Bedah Indonesia Bicara di Forum Internasional Soal Paku Supiati

Written By Unknown on Jumat, 19 Desember 2014 | 11.53

TRIBUN-MEDAN.com - Seorang ahli bedah Indonesia yang telah mempreaktekkan terapi Islam melengkapi pengobatan modern di rumah sakit dengan memperlihatkan paku berkarat yang dikeluarkan dari tubuh seorang pasien wanita yang diduga menjadi korban praktik dukun.

Dr Sagiran Sukardi berbicara di sebuah forum berjudul "Jin dan Sihir di dalam Ilmu Pengobatan" di Malaysia. Ia menjelaskan bagaimana ilmu medis ditantang untuk mengobati seorang perempuan berpaku.

Dia pun menjelaskan dalam kasus Supiyati yang mengidap penyakit aneh di dalam tubuhnya dimana terdapat 2 ribu paku telah dihilangkan.

"Sebagai seorang dokter bedah, aku tidak bisa percaya penyakit itu disebabkan oleh sihir atau jin," katanya saat forum di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Dr Sagiran dari fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogjakarta, mengatakan kondisi Supiyati bertentangan dengan logika medis.

Dia menunjukkan kepada peserta forum, 75 persen dimana di antaranya adalah dokter, psikiater, akademisi dan peneliti gambar X-ray dari luka Supiyati. Di sana diperlihatkan disekujur tubuhnya dipenuhi dengan paku.

Ia mengatakan pada awalnya tidak percaya luka yang terjadi pada Supiyati merupakan akibat dari praktek perdukunan.

Namun setiap kali Supiyati mengerang kesakitan karena luka-lukanya Dr Sagiran mulai membaca ayat-ayat Al-Quran, dia muntah-muntah dan mengeluarkan kuku dan rambut. "Anda tidak bisa membayangkan itu, tapi ada lebih banyak paku dan rambut dari muntahannya," kata dia.

Dr Sagiran mengatakan suami pertamanya Ms Supayati, yang menghilang diyakini bertanggung jawab atas penyakitnya itu. Dia mengatakan kasus ini menggambarkan perlunya pendekatan holistik, termasuk pengobatan spiritual dan agama, di rumah sakit.

Forum moderator UKM Associate Professor Supyan Hussin mengatakan pengobatan spiritual tidak bertentangan dengan pengobatan modern. "Tapi terapi komplementer Islam dapat digunakan untuk mengobati pasien yang berpenyakit yang tak dapat didiagnosis," katanya.

Dr Supyan mengatakan terapi Islam tidak ada hubungannya dengan ilmu hitam atau santet, yang menentang Islam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ahli Bedah Indonesia Bicara di Forum Internasional Soal Paku Supiati

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/12/ahli-bedah-indonesia-bicara-di-forum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ahli Bedah Indonesia Bicara di Forum Internasional Soal Paku Supiati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ahli Bedah Indonesia Bicara di Forum Internasional Soal Paku Supiati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger