Warga Penggarab di Lahan Eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir Berdemo

Written By Unknown on Selasa, 23 Desember 2014 | 11.53

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Sekitar 700 ratusan masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Miskin Siantar berunjukrasa di depan Kantor Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (23/12/2014). Mereka menolak status lahan eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir yang dipindahtangankan kepada Pemko Pematangsiantar.

Demonstran merupakan warga yang selama ini menggarap di atas lahan seluas 573,41 hektare tersebut. Mereka cemas kedudukan mereka akan tergusur oleh Pemko Pematangsiantar.

"Belakangan ini Wali Kota Pematangsiantar bersama TNI, Polri, dan Kejaksaan Negeri Pematangsiantar tampaknya sangat kompak untuk membuat rakyat jatuh ke dalam lembah kemiskinan. Hal itu dapat dilihat ketika mereka memasang plang merk pada tanah eks HGU PTPN III yang selama ini diusahai rakyat!" teriak demonstran.

Dari pantauan Tribun, demonstran tampak memadati Jalan Merdeka. Demonstran juga sempat berpawai ke Jalan Diponegoro dan Jalan Sutomo. Jalan menjadi tersendat akibat demonstran menguasai jalanan. Ratusan personil TNI dan Polri berjaga-jaga di Kantor Wali Kota. Mereka menutup gerbang hingga tak ada yang bisa masuk ke dalam.

"Apa maksudnya Hulman itu? Apa maksud dia memberikan ke orang lain? Tolong Hulman! Kita takut, ini akan diserahkan ke pihak asing!" teriak pengunjukrasa.

"Hulman Sitorus memalukan! Wali Kota kita bertikai dengan wakilnya! Malu kami! Malu!"

Dalam pernyataan sikapnya, demonstran menyampaikan bahwa lahan eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir adalah tanah ulayat. Selain itu, mereka menyebut bahwa Surat Kementerian BUMN kepada Wali Kota Pematangsiantar, yang memberikan tenggat waktu sampai batas waktu 2 Agustus 2013 untuk menyelesaikan permasalahan dengan masyarakat yang menguasai tanah areal eks HGU PTPN III.

Dikatakan juga bahwa mereka memprotes adanya keikutsertaan TNI dan Kejari pada pemasangan plang kemarin.

(amr/tribun-medan.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Penggarab di Lahan Eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir Berdemo

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2014/12/warga-penggarab-di-lahan-eks-hgu-ptpn.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Penggarab di Lahan Eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir Berdemo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Penggarab di Lahan Eks HGU PTPN III di Tanjungpinggir Berdemo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger