Kisah Ronald Sipayung yang Terkesan Penghargaan dari Kapolda Sumut

Written By Unknown on Rabu, 08 April 2015 | 11.53

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kapolsek Percut Seituan, Kompol Ronald Sipayung, tampak semringah ketika ditemui di ruang kerjanya. Kala itu, ia menceritakan berbagai pengalaman selama bertugas di Polsek Percut Seituan. Satu di antaranya meredam konflik lahan garapan.

"Kesan-kesan selama menjabat sebagai Kapolsek Percut Seituan banyak. Ketika baru menjabat tiga bulan ada ribut lahan garapan. Kala itu, hampir setiap hari terjadi kericuhan. Apalagi konflik lahan garapan tersebar di beberapa titik," ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/4/2015)

Pria berkulit putih ini menyampaikan, beberapa titik lokasi yang kerap terjadi bentrokan seperti di Desa Selambo dan Pasar Dua Percut Seituan. Oleh sebab itu, kesan pertama menjabat sebagai kapolsek adalah setiap hari ke lapangan untuk meredam konflik dan menyelesaikan masalah tersebut agar tak meluas.

"Setiap hari saya bangun komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat dan selalu musyawarah dengan Pimpinan Kecamatan. Syukur pelan-pelan konflik lahan garapan sudah berkurang. Meskipun demikian, konflik lahan garapan tidak mudah untuk dituntaskan karena menyangkut urusan perut," katanya.

Selain itu, lanjut dia, sebagian besar masyarakat mengantungkan hidupnya dengan bercocok tanam artinya masyarakat sangat bergantung lahan yang ditanam berbagai sayur, dan ubi. Bahkan, adapula warga yang sudah tinggal cukup lama. Meskipun demikian, kepemilikan tanah belum berhak sepenuhnya karena harus melalui prosedur yang panjang.

"Mobil pribadi saya pernah mengalami kerusakan karena dipukuli massa. Ketika saya berusaha meredam kericuhan yang terjadi. Sekarang ini saya berhasil meredam, untuk penyelesaian kasus sulit dilakukan karena sampai kapanpun tidak dapat diselesaikan," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kisah Ronald Sipayung yang Terkesan Penghargaan dari Kapolda Sumut

Dengan url

http://medanngepos.blogspot.com/2015/04/kisah-ronald-sipayung-yang-terkesan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kisah Ronald Sipayung yang Terkesan Penghargaan dari Kapolda Sumut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kisah Ronald Sipayung yang Terkesan Penghargaan dari Kapolda Sumut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger